MEKANISME SELEKSI PERANGKAT NAGARI DI NAGARI LADANG PANJANG BARAT KABUPATEN PASAMAN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN PASAMAN NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN PERANGKAT NAGARI

Riki, Permana (2020) MEKANISME SELEKSI PERANGKAT NAGARI DI NAGARI LADANG PANJANG BARAT KABUPATEN PASAMAN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN PASAMAN NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN PERANGKAT NAGARI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (1).pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skrispi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sesuai ketentuan Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Nagari disebutkan bahwa camat memberikan rekomendasi tertulis terhadap calon perangkat nagari yang dikonsultasikan oleh wali nagari berdasarkan hasil penetapan tim seleksi perangkat nagari, rekomendasi yang diberikan camat berupa persetujuan atau penolakan berdasarkan persyaratan yang ditentukan dan dapat didukung dengan hasil ujian tertulis atau hasil wawancara. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaturan seleksi perangkat nagari di Kabupaten Pasaman berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Nagari, Bagaimana pelaksanaan seleksi Perangkat Nagari di Nagari Ladang Panjang Barat, Kabupaten Pasaman dan apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan seleksi perangkat nagari di Nagari Ladang Panjang Barat, Kabupaten Pasaman dan upaya mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis dengan sifat deskriptif analitis. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis menjelaskan mengenai seleksi perangkat nagari di Kabupaten Pasaman Bagaimana Tim sel melakukan seleksi, kewenangan yang dimiliki camat dan wali nagari dalam proses seleksi perangkat nagari. Dalam proses seleksi perangkat nagari dalam Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Nomor 1 Tahun 2018 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat nagari Disini penulis melihat kelemahan pada peraturan daerah tersebut berupa kewenangan wali nagari dan camat dalam seleksi perangkat nagari. Dengan adanya peraturan daerah ini penulis menemukan celah adanya indikasi kecurangan yang dapat dilakukan pada proses seleksi dalam perangkat nagari, nilai hasil ujian tertulis dan wawancara Sudirman Efendi lebih tinggi dari pada nilai Toni Aprilando tetapi Toni Aprilando mempunyai hubungan kekeluargaan dengan wali nagari dan camat maka camat dapat merekomendasikan Toni Aprilando yang akan menjadi perangkat nagari atau hasil tertulis dan wawancara adalah keputusan mutlak yang harus disetujui oleh wali nagari dan camat. Ini menimbulkan dua pandangan yaitu yang pertama hasil dari ujian tertulis dan wawancara berpengaruh dalam penerimaan yang kedua hasil dari ujian tertulis dan wawancara tidak berpengaruh dalam penerimaan perangkat nagari tersebut, seharusnya didalam seleksi perangkat nagari tidak diperbolehkan adanya unsur nepotisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Didi Nazmi, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 27 Jan 2020 16:25
Last Modified: 27 Jan 2020 16:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56616

Actions (login required)

View Item View Item