Perbedaan Jumlah Leukosit Total Sebelum dan Sesudah Melakukan Permainan Sepak Bola pada Mahasiswa Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Miftahul, Janah (2020) Perbedaan Jumlah Leukosit Total Sebelum dan Sesudah Melakukan Permainan Sepak Bola pada Mahasiswa Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak dan cover)
abstrak.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup))
BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Aktivitas fisik seperti permainan sepak bola dapat memengaruhi jumlah leukosit. Hal ini disebabkan oleh dehidrasi yang terjadi ketika bermain sepak bola dimana tubuh akan kehilangan banyak cairan. Kondisi ini dapat menyebabkan darah menjadi kental sehingga terjadi peningkatan viskositas darah yang berdampak terhadap peningkatan jumlah leukosit darah. Selain itu, aktifitas fisik juga menyebabkan terjadinya peningkatan aktivitas neuroendokrin yang secara tidak langsung akan meningkatkan produksi leukosit. Penelitian ini berupa penelitian analitik deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 36 mahasiswa laki-laki jalur prestasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Sampel diperoleh dari pengambilan darah intravena yang kemudian dilakukan pemeriksaan jumlah leukosit total menggunakan alat Hematology Analyzer untuk mengetahui jumlah leukosit total sebelum dan setelah permainan sepak bola selama 2x45 menit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata jumlah leukosit total sebelum melakukan permainan sepak bola adalah 7216,67/mm3 sedangkan ratarata jumlah leukosit total sesudah melakukan permainan sepak bola 8255,56/mm3. Hasil uji statistik menemukan bahwa terdapat perbedaan jumlah leukosit total sebelum dan sesudah permainan sepak bola (p = 0.00). Penelitian ini menyimpulkan bahwa aktivitas fisik seperti bermain bola dapat meningkatkan jumlah leukosit total pada seseorang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Lili Irawati,M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Fisik,Leukosit Total
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 27 Jan 2020 16:57
Last Modified: 27 Jan 2020 16:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56610

Actions (login required)

View Item View Item