EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KARET (Hevea brasiliensis Muell,Arg)DI KENAGARIAN SUNGAI DUO LECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

RIRI, ENJENI (2019) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KARET (Hevea brasiliensis Muell,Arg)DI KENAGARIAN SUNGAI DUO LECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi utuh riri enjeni 1410242001 .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Evaluasi lahan merupakan suatu proses penilaian potensi untuk menduga sumber daya lahan untuk berbagai penggunaannya. Penelitian ini dilakukan di Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya yang bertujuan untuk menghasilkan peta kesesuaian lahan untuk tanaman karet. Pengklasifikasian evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman karet dilakukan dengan cara mencocokkan karakteristik lahan dengan kriteria syarat tumbuh tanaman karet. Sebelum melaksanakan pra survei dilakukan overlay peta tanah, peta topografi dan peta penggunaan lahan. Berdasarkan hasil overlay tersebut didapatkan 5 satuan lahan. Hasil yang didapatkan di Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaen Dharmasraya pada Satuan Lahan (SL) I (Jorong Koto Agung Kanan), SL II (Jorong Teluk Sikai) dan SL IV (Jorong Taman Sari) mempunyai kelas kesesuaian lahan S2 (cukup sesuai) dengan sub-kelas S2nr dengan faktor pembatas retensi hara (pH dan C-Organik). SL III (Jorong Panyubarangan) memiliki kelas kesesuaian lahan S2 (cukup sesuai) dengan sub-kelas S2eh dengan faktor pembatas bahaya erosi. Pada SL V (Jorong Sungai Salak) memiliki kelas kesesuian lahan S3 (sesuai marjinal) dengan sub-kelas S3nr dengan faktor pembatas retensi hara(pH). Selanjutnya dibuat peta kesesuaian lahan yang cocok untuk tanaman karet di Kenagarian Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya dengan skala 1 : 50.000. Kata Kunci : evaluasi, Sungai Duo, kesesuaian lahan, karet (hevea brasiliensis Muell. Arg.)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 28 Jan 2020 11:31
Last Modified: 28 Jan 2020 11:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56600

Actions (login required)

View Item View Item