ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI ENERGI PADA SEKTOR INDUSTRI DI INDONESIA PERIODE 2000 - 2016

NURIAH, ALFISYAHRI (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI ENERGI PADA SEKTOR INDUSTRI DI INDONESIA PERIODE 2000 - 2016. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (PENUTUP ATAU KESIMPULAN))
BAB AKHIR (PENUTUP ATAU KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR KULIAH UTUH)
TUGAS AKHIR KULIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan trend dari kenaikan faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan konsumsi energi pada sektor industri, serta menganalisis apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan konsumsi energi pada sektor industri di Indonesia. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah PDB per kapita, harga bahan bakar minyak dan jumlah penduduk. Sehingga dapat dirumuskan implikasi kebijakan apa yang dapat dilakukan dalam memenuhi kenaikan konsumsi energi pada sektor industri di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode ECM. Metode ini dapat memperlihatkan hubungan jangka pendek dan jangka panjang antara faktor-faktor tersebut dengan konsumsi energi pada sektor industri. Hasil penelitian menunjukan trend kenaikan faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan konsumsi energi pada sektor industri (tahun 2000-2016) cenderung naik. Sedangkan hasil analisis yang didapat dengan metode ECM menunjukan pada jangka pendek hanya jumlah penduduk yang memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap konsumsi energi pada sektor industri. Sedangkan untuk jangka panjang secara keseluruhan ketiga faktor tersebut yaitu PDB per kapita, harga bahan bakar minyak, dan jumlah penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kenaikan konsumsi energi pada sektor industri. Kebijakan yang dibutuhkan untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi energi pada sektor industri yaitu meyediakan pasokan energi yang lebih banyak dan meningkatkan teknologi untuk penyedia pasokan energi dari sumber energi terbarukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Syafruddin Karimi, SE, MA
Uncontrolled Keywords: Konsumsi energi pada sektor industri, PDB per Kapita, harga bahan bakar minyak, jumlah penduduk, ECM.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 perencanaan pembangunan
Date Deposited: 27 Jan 2020 15:44
Last Modified: 27 Jan 2020 15:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56583

Actions (login required)

View Item View Item