PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUNGA KINCUNG (Etlingera elatior (Jack) R.M.Sm.) TERHADAP JUMLAH TOTAL LEUKOSIT, PERSENTASE LEUKOSIT, KADAR IgE DAN IL-4 PADA MENCIT PUTIH JANTAN ALERGI

Relin, Yesika (2020) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUNGA KINCUNG (Etlingera elatior (Jack) R.M.Sm.) TERHADAP JUMLAH TOTAL LEUKOSIT, PERSENTASE LEUKOSIT, KADAR IgE DAN IL-4 PADA MENCIT PUTIH JANTAN ALERGI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
3. BAB Akhir (kesimpulan dan saran).pdf - Published Version

Download (187kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full)
5. TESIS UTUH_burning.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan untuk mengetahui aktivitas bunga kincung (Etlingera elatior (Jack) R.M.Sm.) terhadap jumlah total leukosit, persentase leukosit, kadar IgE dan IL-4 mencit putih jantan alergi. Pada penelitian ini menggunakan mencit putih jantan alergi. Mencit alergi dibuat dengan cara menyuntikan antigen (ovalbumin 20%) pada hari pertama 0,2 mL/20 gBB secara intraperitonial. Hari ke-7 disuntikan antigen dengan dosis sama secara subkutan. Ciri-ciri dari mencit alergi adalah kemerahan ditempat penyuntikan hingga adanya bentolan-bentolan merah disekitar tempat penyuntikan. Kemudian mencit dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kelompok kontrol negatif, kontrol positif, dan tiga kelompok sediaan uji yang diberikan selama 7 hari (100; 300; dan 1000 mg/kgBB). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ekstrak bunga kincung secara signifikan meningkatkan jumlah total leukosit (<0,05), meningkatkan persentase sel netrofil (<0,05), menurunkan persentase limfosit, eosinofil, dan basofil (<0,05), menurunkan kadar IgE dan IL-4 (<0,05) dan menurunkan persentase monosit secara tidak signifikan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bunga kincung dapat digunakan sebagai imunomodulator dan obat anti alergi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yufri Aldi, M. Si, Apt
Uncontrolled Keywords: Alergi, Etlingera elatior (Jack) R.M.Sm, IgE, IL-4, Kincung, Leukosit.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 27 Jan 2020 14:47
Last Modified: 15 Aug 2023 02:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56563

Actions (login required)

View Item View Item