Studi Komparasi Tablet Metilprednisolon Inovator, Generik Bermerek Dan Generik Berlogo Serta Pemeriksaan Difraksi Sinar X

Riezka, Aulia Putri (2020) Studi Komparasi Tablet Metilprednisolon Inovator, Generik Bermerek Dan Generik Berlogo Serta Pemeriksaan Difraksi Sinar X. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Kesimpulan))
3. BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
5. Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Efek nocebo muncul akibat persepsi negatif pasien yang kurang yakin dalam melakukan pengobatan, salah satunya peggunaan obat generik. Obat generik kurang dipercaya karena harganya yang relatif murah. Sedangkan untuk suatu produk dapat dikatakan generik haruslah memenuhi suatu standar mutu yang bioekivalen dengan produk inovator. Tujuan penelitian ini ialah untuk mempelajari perbandingan tablet metilprednisolon inovator, metilprednisolon generik bermerek, dan metilprednisolon generik berlogo ditinjau dari karakteristik tablet dan difraksi sinar X metilprednisolon masing – masing obat. Penelitian ini meliputi uji karakteristik tablet (keseragaman ukuran, kekerasan, kerapuhan, waktu hancur, disolusi) dan uji difraksi sinar X. Ketiga poduk memiliki ukuran yang berbeda namun seragam masing – masingnya. Friabilitas tablet menunjukkan ketiga produk tidaklah berbeda jauh. Kekerasan tablet metilprednisolon generik bermerek lebih tinggi dibandingkan dua produk lainnya. Hal ini mendukung waktu hancur tablet dimana produk generik bermerek memiliki waktu yang lebih lama untuk hancur dibandingkan dua kompetitornya. Uji disolusi menunjukkan nilai ED30 ketiga produk menunjukkan perbedaan yang bermakna (sig. < 0,05). Hasil karakterisasi ketiga produk menggunakan difraksi sinar X menunjukkan pada sudut 2θ yang sama, intensitas diperoleh tablet inovator > generik berlogo > generik bermerek. Sedangkan derajat kristalinitas diperoleh generik bermerek > inovator > generik berlogo. Dari beberapa uji tersebut diketahui bahwa tablet metilprednisolon generik berlogo tidak kalah saing dengan generik bermerek dalam formulasi dan namun kristalinitas generik berlogo masih dibawah inovator dan generik bermerek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hansen Nasif, S.Si., Apt., Sp.FRS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 27 Jan 2020 16:36
Last Modified: 27 Jan 2020 16:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56510

Actions (login required)

View Item View Item