EFEKTIVITAS PELAKSANAAN FUNGSI DAN TUGAS DEWAN PERWAKILAN DAERAH REPUBLIK INDONESIA DAERAH PEMILIHAN SUMATERA BARAT PERIODE 2014 – 2019

Harbi, Putra (2020) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN FUNGSI DAN TUGAS DEWAN PERWAKILAN DAERAH REPUBLIK INDONESIA DAERAH PEMILIHAN SUMATERA BARAT PERIODE 2014 – 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menurut amandemen ketiga Undang-Undang Dasar Tahun 1945 terdapat tiga lembaga perwakilan di Indonesia, yaitu Majelis Pemusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, dan Dewan Perwakilan Daerah. Dewan Perwakilan Daerah yang merupakan lembaga perwakilan untuk otonomi daerah seharusnya menjadi kamar kedua dalam lembaga perwakilan di Indonesia. Dewan Perwakilan Daerah mencerminkan keterwakilan dari kelompok kepentingan masyarakat yang ada, baik secara politik, teritorial, ataupun fungsional. Namun, eksistensi Dewan Perwakilan Daerah perwakilan Sumatera Barat sering kali dipertanyakan. Dewan Perwakilan Daerah perwakilan Sumatera Barat dianggap tidak terlalu serius dalam dalam memeperhatikan kepentingan daerah yang diwakilinya. Hal ini bertolak belakang dengan amanat UUD 1945, dimana Dewan Perwakilan Daerah mestinya berperan lebih besar dalam memperjuangkan kepentingan daerahnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaturan tentang fungsi dan tugas Dewan Perwakilan Daerah menurut Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang Majelis Pemusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah serta bagaimana pelaksanaan fungsi dan tugas Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Daerah Pemilihan Sumatera Barat Periode 2014-2019. Dari hasil penelitian, pelaksanaan fungsi dan tugas Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia daerah pemilihan Sumatera Barat belum dilaksakanan secara efektif, dikarenakan belum adanya suatu produk kinerja fungsi parlemen Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia yang secara spesifik dapat dikategorikan sebagai pencerminan aspirasi masyarakat daerah Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Suharizal. S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 27 Jan 2020 10:42
Last Modified: 27 Jan 2020 10:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56483

Actions (login required)

View Item View Item