Eksplorasi dan Seleksi Bakteri Endofit sebagai Penginduksi Ketahanan Tanaman Padi terhadap Penyakit Hawar Daun Bakteri (Xanthomonas oryzae pv. oryzae)

Yumba, Larasati (2020) Eksplorasi dan Seleksi Bakteri Endofit sebagai Penginduksi Ketahanan Tanaman Padi terhadap Penyakit Hawar Daun Bakteri (Xanthomonas oryzae pv. oryzae). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Bakteri endofit merupakan bakteri yang berada dalam jaringan tanaman tanpa menimbulkan kerusakan pada tanaman. Bakteri ini mampu berperan sebagai agens biokontrol untuk menginduksi ketahanan tanaman terhadap patogen dan memacu pertumbuhan tanaman. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan isolat bakteri endofit yang mampu menginduksi ketahanan padi terhadap Xanthomonas oryzae pv. oryzae (Xoo) penyebab penyakit hawar daun bakteri (HDB) dan meningkatkan pertumbuhan padi. Penelitian terdiri dari 2 tahap: 1) Eksplorasi bakteri endofit di daerah endemik Xoo. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive random sampling. Bakteri endofit diisolasi dari bagian akar, batang, dan daun padi sehat, kemudian dikarakterisasi berdasarkan morfologi, fisiologi, dan seleksi keamanan sebagai agens hayati. 2) Seleksi isolat bakteri endofit untuk menginduksi ketahanan tanaman padi. Bakteri endofit diintroduksi 2 kali, yaitu pada benih dan bibit, selanjutnya diinokulasikan Xoo saat tanaman berumur 45 hst dengan teknik clipping methode pada daun. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 24 perlakuan (22 isolat bakteri endofit + kontrol positif + kontrol negatif) dan 3 ulangan. Berdasarkan hasil tahap 1, diperoleh 22 isolat bakteri endofit yang layak sebagai kandidat agens hayati berdasarkan seleksi keamanan reaksi HR dan uji hemolisin. Isolat yang mampu menginduksi ketahanan tanaman padi terhadap Xoo adalah LmB 1, LmA 6, dan LmB 2 dengan indeks penekanan penyakit 35,82%, 23,78%, dan 23,78%. Isolat yang mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman padi adalah LmA 6, LmB 1, dan LmB 35 dengan efektivitas 69,56%, 56,51%, dan 47,82%. Selanjutnya dua isolat (LmB 1 dan LmA 6) memiliki kemampuan menginduksi tanaman dan meningkatkan pertumbuhan tanaman. Kata kunci: bakteri endofit, biokontrol, induksi ketahanan, Xanthomonas oryzae pv. oryzae

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Haliatur Rahma, S.Si, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 27 Jan 2020 14:17
Last Modified: 27 Jan 2020 14:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56473

Actions (login required)

View Item View Item