KAJIAN VARIASI MOLEKULER DARI BERBAGAI POHON ANDALAS (Morus macroura) FLORA KHAS SUMATERA BARAT DENGAN PENANDA ITS (Internal Transcribed Spacer) DAN matK (Maturase-K) SERTA KUANTIFIKASI KANDUNGAN ASAM BETULINAT

Erma, Nur Atika (2020) KAJIAN VARIASI MOLEKULER DARI BERBAGAI POHON ANDALAS (Morus macroura) FLORA KHAS SUMATERA BARAT DENGAN PENANDA ITS (Internal Transcribed Spacer) DAN matK (Maturase-K) SERTA KUANTIFIKASI KANDUNGAN ASAM BETULINAT. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL TEXT ERMA NUR ATIKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Morus macroura merupakan spesies tumbuhan potensial yang tergolong ke dalam kelompok Mulberry. Flora khas Sumatera Barat dan sekaligus sebagai maskot Sumatera Barat dengan nama lokal tumbuhan Andalas. Saat ini jumlah populasi spesies ini menurun dan terancam punah akibat eksploitasi yang berlebihan. Tumbuhan potensial yang memiliki manfaat dalam berbagai aspek, sebagai bahan obat-obatan dan kayunya berkualitas untuk dijadikan perabotan dan juga biasanya digunakan pada rumah tradisional minangkabau yaitu rumah gadang sebagai tiang utamanya. Sehingga perlu dilakukan pengkajian terkait keragaman genetik Morus macroura dan variasi kadar kandungan senyawa asam betulinat di berbagai lokasi tempat tumbuhnya. Penelitian dengan menganalisis karakterisasi molekuler dengan penanda DNA ITS dan Mat-K. Hasil sekuensing di edit dengan Program MEGA 7 dan juga dilakukan uji kuantifikasi kadar kandungan asam betulinat dengan metode KLT Densitometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa M. macroura Sumatera Barat mengelompok pada klaster yang sama dan memiliki variasi genetik yang tinggi dengan nilai Hd ITS 0,961 dan Hd Mat-K 0,952. Hasil pengukuran kadar asam betulinat Morus macroura dari empat daerah di Sumatera Barat tergolong bervariasi dengan persentase kadar yang berbeda-beda di setiap lokasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Syamsuardi
Uncontrolled Keywords: Morus macroura, Sumatera Barat, Gen ITS dan Mat-K, KLT Densitometri, Asam Betulinat
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 27 Jan 2020 10:48
Last Modified: 27 Jan 2020 10:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56462

Actions (login required)

View Item View Item