Analisis Perancangan Tax Planning Wajib Pajak Badan dalam Upaya Optimalisasi Pemenuhan Kewajiban Perpajakan pada Koperasi (Studi Kasus pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) FEUA Universitas Andalas)

Firdayatil, Zetta (2020) Analisis Perancangan Tax Planning Wajib Pajak Badan dalam Upaya Optimalisasi Pemenuhan Kewajiban Perpajakan pada Koperasi (Studi Kasus pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) FEUA Universitas Andalas). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dilatar belakangi oleh adanya kebutuhan setiap bentuk badan usaha untuk meningkatkan laba, penelitian deskripsi analitis ini dibuat dalam rangka upaya meminimalisir beban pajak Koperasi Pegawai Republik Indonesia Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (KPRI FEUA). Diawali dengan mempelajari kondisi administrasi pajak yang dilakukan oleh KPRI FEUA untuk kemudian mengidentifikasi kelemahan atau risiko yang mungkin muncul dikemudian hari atas kondisi administrasi pajak saat ini. Hasil analisis tersebut akan digunakan untuk perancangan tax planning yang dapat dilakukan pada KPRI FEUA dalam upaya optimalisasi pemenuhan kewajiban perpajakannya. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif menggunakan data primer berupa data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak manajemen perusahaan dan data sekunder berupa data keuangan koperasi pada tahun 2017 dan tahun 2018. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan KPRI FEUA melaksanakan kewajiban perpajakannya sejak tahun 2017 dengan memilih menggunakan tarif PPh final, penggunaan tarif final ini hanya bisa sampai tahun pajak 2021 dan setelah itu KPRI FEUA harus menggunakan tarif PPh badan normal, untuk itu dilakukan perancangan tax planning yang terbukti dapat mengoptimalkan beban dalam upaya pengurangan penghasilan bruto.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rahmat Kurniawan, SE.,MA.,Ak.,CA.,CPA.,BKP
Uncontrolled Keywords: administrasi pajak, tax planning
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 27 Jan 2020 15:10
Last Modified: 27 Jan 2020 15:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56460

Actions (login required)

View Item View Item