PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR SEKAM PADI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI PEMBIBITAN UTAMA

Dian, Dwi Putri (2020) PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR SEKAM PADI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI PEMBIBITAN UTAMA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang dari bulan Mei sampai September 2019. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian biochar sekam padi terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pembibitan utama dan untuk mengetahui dosis biochar sekam padi yang terbaik untuk bibit kelapa sawit di pembibitan utama. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 perlakuan dengan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu dosis biochar sekam padi sebanyak 0 ton/ha, 7,5 ton/ha, 15 ton/ha, dan 22,5 ton/ha. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan uji F pada taraf 5%. Apabila F hitung lebih besar dari F tabel maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Tes (DMRT) pada taraf 5%. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah pelepah, diameter bonggol, panjang akar terpanjang, ratio tajuk akar, bobot segar dan bobot kering bibit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian biochar sekam padi dengan dosis 22,5 ton/ha memberikan bobot segar bibit dan bobot kering bibit yang lebih baik jika dibandingkan dengan dosis lain yaitu 0, 7,5, 15 ton/ha. Kata kunci : kelapa sawit, ultisol, biochar sekam padi, pembibitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 27 Jan 2020 10:43
Last Modified: 27 Jan 2020 10:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56415

Actions (login required)

View Item View Item