Pengaruh Penguasaan Skills 4.0 Terhadap Kesiapan Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Menggunakan Perilaku Inovasi Individu Sebagai Mediator (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Andalas)

Isna, Juwita (2019) Pengaruh Penguasaan Skills 4.0 Terhadap Kesiapan Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Menggunakan Perilaku Inovasi Individu Sebagai Mediator (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Andalas). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB akhir (Penutup-Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img] Text (Tesis full text)
Tesis utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Revolusi industri 4.0 yang digagas pemerintah Jerman yang bertitik tolak dari perkembangan perilaku inovasi individu khususnya bidang teknologi robotik, digital teknologi dan informasi telah mengakibatkan distorsi pada kebutuhan skill yang akan datang. Beberapa skills yang banyak dibutuhkan dimasa lalu dan masa sekarang mulai mengalami pergeseran kearah kurang dibutuhkan lagi bahkan ada yang tidak diperlukan karena tergantikan oleh otomatisasi dan robot. Munculnya beberapa skills baru (skills 4.0) yang lebih dominan dibutuhkan membuat setiap yang berkepentingan perlu mempersiapkan diri menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Mahasiswa merupakan salah satu yang berkepentingan yang akan menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 setelah kelulusan mereka dari perguruan tinggi. Penelitian ini menentukan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang dipengaruhi oleh penguasaan skills 4.0 dan perilaku inovasi individu. Dengan perilaku inovasi individu sebagai variabel mediasi. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Andalas Program Studi Strata Satu, dengan jumlah responden 233 responden. Pengampilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Kuesioner menggunakan skala likert yang perhitungannya dilakukan dengan software Program Smart-PLS 3.2.8. Hasilnya menunjukkan bahwa skills 4.0 dan perilaku inovasi individu berpengaruh positif terhadap kesiapan mahasiswa dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 yang berarti, untuk siap menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 mahasiswa Universitas Andalas perlu meningkatkan pengusaan mereka terhadap skills industri 4.0. Kata kunci : Revolusi Industri 4.0, Skills 4.0, Kesiapan, Perilaku Inovasi Individu

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Ir. INSANNUL KAMIL, M.Eng, Ph.D, IPM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik industri
Date Deposited: 27 Jan 2020 11:19
Last Modified: 27 Jan 2020 11:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56407

Actions (login required)

View Item View Item