NYUMBANG DAN REWANG DALAM PROSES PERKAWINAN MASYARAKAT JAWA TRANSMIGRAN (Studi Kasus di Nagari Limau Puruik, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat)

Fenti, Firhan (2020) NYUMBANG DAN REWANG DALAM PROSES PERKAWINAN MASYARAKAT JAWA TRANSMIGRAN (Studi Kasus di Nagari Limau Puruik, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Fenti FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini tentang praktek pertukaran nyumbang dan rewang yang terjadi dalam upacara perkawinan masyarakat Jawa di Nagari Persiapan Limau Puruik. Ekonomi pada masyarakat Nagari Persiapan Limau Puruik berbeda-beda, dengan begitu pertukaran yang dilakukan masyarakat sekitar ada yang namanya pertukaran tidak seimbang, yang mana si pemberi mendapatkan balasan yang tidak diharapkan. Pada penelitian ini, ingin melihat bentuk dari nyumbang dan rewang serta pertukaran tidak seimbang yang terjadi di Nagari Persiapan Limau Puruik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk nyumbang dan rewang dalam upacara perkawinan masyarakat Jawa di Nagari Persiapan Limau Puruik dan perilaku masyarakat dalam menghadapi pertukaran tidak seimbang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi partisipasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini yaitu, Bentuk nyumbang sendiri dibagi atas dua, dalam bentuk uang dan pangan. Bentuk dari rewang adalah jasa. Masyarakat memberikan jasa mereka untuk membantu segala proses perkawinan. Ketika nyumbang dan rewang yang dilakukan tidak seimbang. Masyarakat Nagari Persiapan Limau Puruik memberikan sanksi sosial seperti, ngedumel atau mempergunjingkan untuk selanjutnya tidak lagi ikut serta nyumbang dan rewang pada keluarga tersebut. Kata Kunci: Nyumbang, Rewang, Jawa, Pertukaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sidarta Pujiraharjo S.Sos, M.Hum
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 27 Jan 2020 09:49
Last Modified: 27 Jan 2020 09:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56342

Actions (login required)

View Item View Item