FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PENDIDIKAN ANAK (Studi Kasus: Keluarga Buruh Sawit di Kompleks 4B PT. SBAL Desa Kota Garo, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar)

Sintia, Anjelita (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PENDIDIKAN ANAK (Studi Kasus: Keluarga Buruh Sawit di Kompleks 4B PT. SBAL Desa Kota Garo, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER N ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dewasa ini perkebunan kelapa sawit semakin eksis di Indonesia. Dalam perkebunan kelapa sawit, terdapat buruh sawit yang bekerja pada sebuah perusahaan yaitu PT. SBAL. Para pekerja menghabiskan waktu hanya untuk bekerja, mulai masuk jam 7 pagi sampai jam 5 sore, sehingga berpengaruh kepada pendidikan anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor rendahnya pendidikan anak, dan peran orang tua terhadap pendidikan anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yang berbentuk deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi (pengamatan), wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Kompleks 4B PT. SBAL Desa Kota Garo, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, yang informannya diambil secara sengaja (purposive sampling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada faktor yang mempengaruhi atau menyebabkan rendahnya Pendidikan terutama pada keluarga buruh sawit, antara lain yaitu factor keluarga yakni motivasi individu anak, keinginan untuk menempuh pendidikan, cita-cita, motivasi orangtua, kondisi ekonomi keluarga, kebiasaan bekerja mencari uang sendiri, kondisi lingkungan keluarga dan factor lingkungan adalah Aksesibilitas, kondisi lingkungan masyarakat, kondisi suasana sekolah. Kurangnya perhatian dan pengetahuan orang tua terhadap Pendidikan membuat anak ikut tidak memperhatikan pendidikannya para orang tua sering mengabaikan dan menganggap tidak penting pendidikan. Mereka menerapkan bagaimana bekerja yang biasa menghasilkan uang yang banyak daripada mempersoalkan pendidikan, orang tua hanya menginginkan hidup sejahtera dan terpenuhi kebutuhan keluarga, dan juga disebabkan oleh kebiasaan lingkungan yang membuat sianak malah suntuk menempuh Pendidikan karena tidak ada dukungan keluarga dan pengaruh lingkungan tempat tinggal yang dimana anak-anaknya sudah biasa bekerja dan biasa menghasilkan uang. Kata Kunci: Sosialisasi, Keluarga, Buruh Sawit, Perusahaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sidarta Pujiraharjo, S. Sos, M. Hum
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 27 Jan 2020 10:36
Last Modified: 27 Jan 2020 10:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56337

Actions (login required)

View Item View Item