DAYA PREDASI KUMBANG UNTA (Ophionea nigrofasciata Schmidt-Goble 1846) PADA BEBERAPA KEPADATAN WERENG BATANG COKLAT (Nilaparvata lugens Stal 1854)

Tre, Julia Nasral (2020) DAYA PREDASI KUMBANG UNTA (Ophionea nigrofasciata Schmidt-Goble 1846) PADA BEBERAPA KEPADATAN WERENG BATANG COKLAT (Nilaparvata lugens Stal 1854). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img] Text (Tugas Ilmiah Utuh)
Skripsi Full Text Tre Julia Nasral.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kumbang unta (Ophionea nigrofasciata Schmidt-goble 1846) (Coleoptera: Carabidae) dilaporkan sebagai salah satu predator di areal persawahan, termasuk predator WBC (Nilaparvata lugens). Perbedaan kepadatan WBC diduga mempengaruhi daya predasi kumbang unta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya predasi kumbang unta terhadap WBC pada kepadatan yang berbeda. Percobaan ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari daya predasi satu ekor O.nigrofasciata pada beberapa kepadatan WBC (5, 10, 20, 30, 40 dan 50 ekor). WBC yang digunakan adalah nimfa instar 2-3. Hasil penelitian menunjukan bahwa daya predasi kumbang unta meningkat seiring dengan peningkatan kepadatan WBC dengan tipe tanggap fungsional tergolong tipe I (Linear). Pemangsaan tertinggi terjadi pada kepadatan 50 ekor WBC (23.6 ekor atau mempredasi 47,2% WBC yang disediakan). Perbedaan kepadatan WBC ternyata tidak mempengaruhi pertambahan berat kumbang unta bahkan cenderung menurun karena perilaku mencari mangsa yang berbeda. Kata kunci: Nillaparvata lugens, Ophionea nigrofasciata, kemampuan memangsa, predator

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Yenny Liswarni, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 24 Jan 2020 16:52
Last Modified: 24 Jan 2020 16:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56319

Actions (login required)

View Item View Item