Model Hewan Preeklampsia yang diinduksi Prednison-NaCl pada Trimester I-II Kehamilan

Darussalam, Darussalam (2020) Model Hewan Preeklampsia yang diinduksi Prednison-NaCl pada Trimester I-II Kehamilan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
surat pernyataan ade.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan)
surat pernyataan ade.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
surat pernyataan ade.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
surat pernyataan ade.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)

Abstract

Penelitian mengenai pemberian kombinasi prednison-NaCl untuk menginduksi keadaan preeklampsia pada tikus selama trimester I-II kehamilan telah dilakukan. Sebanyak 12 ekor hewan dibagi kedalam 4 kelompok yaitu kontrol hamil, kelompok 2,3, dan 4 diinduksikan prednison 2,5 mg/kgBB dan NaCl yang divarisasikan 200, 400, dan 800 mg/kgBB. Sediaan diberikan secara oral selama 14 hari dimulai dari hari kehamilan pertama. Tekanan darah sistolik, tekanan darah diastolik, tekanan arteri rata-rata, dan denyut jantung diukur secara non invasif menggunakan CODA® dimulai dari sebelum hamil, setiap dua hari sekali selama kehamilan dan setelah melahirkan. Kadar protein urin diamati menggunakan dipstik urin pada hari kehamilan ke 20. Jumlah anak dan berat badan anak diamati setelah tikus melahirkan. Setiap data pada setiap parameter dianalisis menggunakan ANOVA dua arah, kecuali data pada parameter jumlah dan berat badan anak dengan ANOVA 1 arah dengan kebermaknaan diambil pada p<0,05 dan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan. Hasil penelitian menujukkan bahwa peningkatan dosis NaCl meningkatkan tekanan darah sistolik, diastolik, tekanan arteri rata-rata, dan denyut jantung (p<0,05). Kadar protein urin pada setiap kelompok uji lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Peningkatan dosis NaCl menurunkan jumlah anak dan berat badan anak (p<0,05). Dari penelitian ini disimpulkan bahwa pemberian prednison-NaCl pada trimester I-II dapat menimbulkan beberapa tanda preeklampsia pada tingkat dosis prednison 2,5 mg/kgBB dan NaCl 400-800 mg/kgBB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Armenia, MS, Apt
Uncontrolled Keywords: Model hewan preeklampsia, prednison-NaCl, Tekanan darah, Kadar protein urin, Jumlah dan berat anak
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 27 Jan 2020 14:20
Last Modified: 27 Jan 2020 14:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56309

Actions (login required)

View Item View Item