Pengaruh Pemberian Jus Taoge(Vigna radiata L.) Ditambah Madu TEerhadap Kualitas Spermatozoa Mencit Putih Jantan (Mus musculus L.) yang Terpapar Asap Rokok

Puspita, Dela (2020) Pengaruh Pemberian Jus Taoge(Vigna radiata L.) Ditambah Madu TEerhadap Kualitas Spermatozoa Mencit Putih Jantan (Mus musculus L.) yang Terpapar Asap Rokok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER & ABSTRAK-dikonversi.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
3. BAB V KESIMPULAN & SARAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
5. TUGAS AKHIR UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Taoge (Vigna radiata L.) dan madu dengan aktivitas antioksidan yang dimilikinya mampu memperbaiki kerusakan sel spermatozoa mencit akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan tejadinya infertilitas pada pria, salah satunya akibat asap rokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jus taoge ditambah madu terhadap jumlah, motilitas dan morfologi spermatozoa mencit putih jantan yang terpapar asap rokok. Hewan uji yang digunakan mencit putih jantan yang berumur lebih kurang 2-3 bulan dan berat badan berkisar 20-35 gram. Sebanyak 35 ekor hewan uji dibagi menjadi 7 kelompok, tiap kelompok hewan uji terdiri dari 5 ekor. Kelompok 1 sebagai kontrol negatif, kelompok 2 kontrol positif, kelompok 3 dan 4 diberi jus taoge dan madu tanpa kombinasi (taoge 2,5%, madu 2%), kelompok 5-7 diberi kombinasi jus taoge (konsentrasi 1,25%, 2,5% dan 5%) dan madu. Pengamatan dilakukan menggunakan kamar hitung Hemasitometer Improve Neubauer pada mikroskop optilab terhadap kualitas spermatozoa yang meliputi jumlah, persentase motilitas dan persentase morfologi normal spermatozoa mencit putih jantan. Analisis data dilakukan dengan uji ANOVA satu arah untuk semua parameter uji. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa jus taoge dan madu menunjukkan pengaruh pemberian yang nyata (p<0,05) terhadap kualitas spermatozoa mencit putih jantan. Pemberian jus taoge konsentrasi 5% dan madu dapat meningkatkan jumlah, motilitas dan morfologi spermatozoa mencit putih jantan (Mus musculus L.) yang terpapar asap rokok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dwisari Dillasamola, M.Farm, Apt
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 24 Jan 2020 16:29
Last Modified: 24 Jan 2020 16:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56283

Actions (login required)

View Item View Item