KONTEN ANALISIS KRITERIA GREEN ROAD PADA DOKUMEN KONTRAK KONSTRUKSI JALAN KOTA PAYAKUMBUH ( Studi Kasus Dokumen Kontrak Rehabilitasi/ Pemeliharaan Jalan Tahun 2016 – 2018 )

Rahmad, Aulia Nahar (2019) KONTEN ANALISIS KRITERIA GREEN ROAD PADA DOKUMEN KONTRAK KONSTRUKSI JALAN KOTA PAYAKUMBUH ( Studi Kasus Dokumen Kontrak Rehabilitasi/ Pemeliharaan Jalan Tahun 2016 – 2018 ). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COver & Abstrak)
1.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
52.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan jalan memiliki efek samping negatif terhadap lingkungan, diantaranya berkurangnya sumber daya alam tak terbarukan, peningkatan emisi, peningkatan limbah konstruksi, berkurangnya lahan produktif, dan rusaknya ekosistem. Untuk meminimalisir permasalahan tersebut diperlukan upaya-upaya ramah lingkungan dalam pelaksanaan pembangunan jalan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan konsep green road. Konsep ini dapat diterapkan pada setiap tahapan pelaksanaan pembangunan jalan, terutama pada tahap konstruksi dan pemeliharaan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai penerapan kriteria-kriteria green road pada dokumen kontrak konstruksi dengan menggunakan metoda Konten Analisis. Sedangkan studi kasus yang diteliti adalah dokumen Kontrak Rehabilitasi/ Pemeliharaan Jalan Kota Payakumbuh pada tahun 2016, 2017 dan 2018 dengan nilai kontrak diatas empat milyar rupiah. Kriteria penilaian green road (jalan hijau) menggunakan SE Menteri PUPR No. 04/SE/M/2018 tentang Pedoman Pemeringkatan Jalan Hijau. Dalam pedoman ini penilaian jalan hijau dikelompokkan kedalam lima kategori, 35 subkategori dan 84 kriteria. Kriteria-kriteria yang terdapat dalam subkategori masing-masing memiliki bobot nilai. Total nilai maksimal yang mungkin didapatkan dalam sistem penilaian ini adalah 100. Sedangkan sistim peringkat jalan hijau ini dibagi empat tingkatan, yang diwakili dengan jumlah bintang, yaitu bintang 4 dengan nilai (penerapan kriteria jalan hijau) > 45,00, bintang 3 dengan nilai antara 20,01 dan 44,99, bintang 2 dengan nilai < 20,00, dan bintang 1 dengan penilaian kontrak yang telah memenuhi persyaratan teknis jalan, memiliki analisis life cycle cost, dan dokumen lingkungan. Dari hasil analisis didapatkan peringkat green road pada kontrak tahun 2016 adalah bintang 2, dengan nilai 12,91. Sedangkan peringkat green road untuk kontrak tahun 2017 dan 2018 adalah bintang 2 dengan niai masing-masing 15,01. Peningkatan nilai pada tahun 2017 terdapat pada kategori AK dengan nilai 3,36 pada tahun 2016 menjadi 5,46 pada tahun 2017. Sedangkan peluang penambahan kriteria green road pada kontrak Rehabilitasi/ Pemeliharaan Berkala Jalan dapat diterapkan dalam SSUK (syarat-syarat umum kontrak) dan spesifikasi teknis sebanyak 26 kriteria

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: YOSSYAFRA, PhD
Uncontrolled Keywords: Green Road, Kriteria Penilaian, Konten Analisis, Kontrak
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 24 Jan 2020 12:41
Last Modified: 24 Jan 2020 12:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56243

Actions (login required)

View Item View Item