PENGARUH LAMA INKUBASI JAMUR Paecilomyces lilacinus PADA DEDAK PADI TERHADAP KEMAMPUANNYA DALAM MENGENDALIKAN NEMATODA BENGKAK AKAR (Meloidogyne spp.) PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill)

FEBRIYANI, FEBRI (2020) PENGARUH LAMA INKUBASI JAMUR Paecilomyces lilacinus PADA DEDAK PADI TERHADAP KEMAMPUANNYA DALAM MENGENDALIKAN NEMATODA BENGKAK AKAR (Meloidogyne spp.) PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (PENDAHULUAN))
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (PENUTUP))
Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
TUGAS AKHIR UTUHH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Waktu inkubasi jamur Paecilomyces lilacinus pada dedak padi dapat mempengaruhi kemampuannya dalam mengendalikan Nematoda Bengkak Akar (Meloidogyne spp.). Penelitian ini bertujuan mendapatkan waktu inkubasi jamur yang terbaik untuk menekan perkembangan dan serangan nematoda Meloidogyne spp. Penelitian pengaruh lama inkubasi jamur P. lilacinus dalam menekan nematoda Meloidogyne spp. telah dilaksanakan di Laboratorium Pengendalian Hayati dan Rumah Kaca Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang, sejak bulan Mei hingga Agustus 2018. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan dan 4 ulangan. Aplikasi jamur dilakukan dengan mengintroduksi jamur P. lilacinus yang telah diperbanyak pada substrat dedak ke dalam lubang tanaman tomat sebanyak 10 gram. Perlakuan waktu inkubasi pada dedak terdiri dari kontrol, 0, 5, 10, 15, 20 dan 25 hari. Waktu inkubasi jamur P. lilacinus selama 15 hari merupakan waktu yang terbaik dalam menekan terjadinya bengkak akar di dalam tanah dan perkembangan nematoda bengkak akar dalam akar maupun dalam tanah. Kata kunci: waktu inkubasi, Meloidogyne spp., jamur Paecilomyces lilacinus,tomat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Winarto, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 24 Jan 2020 10:23
Last Modified: 24 Jan 2020 10:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56168

Actions (login required)

View Item View Item