Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) Dalam Mendorong Pertumbuhan Outstanding Loan (OSL) Pada UPC Bandar Buat PT. Pegadaian Kota Padang

Rika, Azzahra (2020) Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) Dalam Mendorong Pertumbuhan Outstanding Loan (OSL) Pada UPC Bandar Buat PT. Pegadaian Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover tugas akhir dan abstrak-dikonversi.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
bab 1 rika upload-dikonversi.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
bab 5 rika upload-dikonversi.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA rika upload-dikonversi.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
TA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada zaman yang modren ini kemajuan di bidang teknologi oleh sebab itu, dapat memberikan dampak yang cukup luas. Misalnya dalam berbagai macam aplikasi yang di gunakan disetiap perusahaan. Salah satu dari kemajuan teknologi juga telah merambah ke dalam dunia bisnis suatu perusahaan, instansi maupun organisasi. saat ini banyak bermunculan berbagai program aplikasi yang menyediakan fitur dalam penyaluran pinjaman kepada masyarakat salah satunya adalah aplikasi yang digunakan oleh PT Pegadaian Cabang Tarandam Padang yang menggunakan aplikasi pegadaian digital yang mana aplikasi ini menggunakan sistem penyaluran pinjaman yang praktis, cepat serta tidak menggunakan waktu yang lama dalam melakukan peminjaman oleh para nasabah maupun calon nasabah. Pelayanan secara luas yaitu semua bentuk jasa pelayanan, baik secara publik yang pada prinsipnya menjadi kewajiban yang dilaksanakan oleh pemerintah dipusat, di kota dan badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah guna untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam pelaksanaan kebijakan peraturan undang-undangan. Pelayanan ialah sebuah proses pemenuhan kebutuhan yang melalui aktivitas orang lain secara langsung (Moenir, 1992:16). Pelayanan adalah sebuah proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain yang menyangkut segala masalah yang ditujukan orang lain untuk menyelesaikan masalah (Luthans, 1995:46). Keuntungan jasa bagi instansi maupun industri adalah mampu menyampaikan jasa yang ramah, sopan, jujur serta menjadi kewajiban industri. Seandainya tidak adanya jasa yang ramah, industri atau perusahaan tidak bisa memperoleh banyak konsumen dalam bisnisnya. Di era yang modern ini, kompetisi dalam berbisnis sangat sulit. Dengan adanya jasa yang diberikan perusahaan kepada konsumen inilah yang dapat memberikan nilai tambahan yang baik terhadap pandangan konsumen sehingga konsumen nyaman terhadap perusahaan tersebut. perhatian konsumen. Manfaat peningkatan aplikasi secara umum adalah untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi melalui menu-menu yang ada di aplikasi tersebut. Aplikasi dapat dilihat dari banyaknya aplikasi yang memudahkan penggunanya dalam membantu suatu pekerjaan dari sebuah perusahaaan tersebut. Aplikasi yang digunakan oleh PT Pegadaian ini untuk mendorong pertumbuhan dari Outstanding Loan (OSL) itu sendiri, supaya masayarakat mudah memahami bagaimana melakukan pinjaman tersebut. (www.PT Pegadaian.co.id) Aplikasi Digital merupakan sebuah teknologi informasi yang dianjurkan dibidang pendidikan berupa website yang dapat di upload dan dikirim sesuai website yang sudah ditentukan. karena adanya aplikasi digital ini untuk mempermudah perusahaan dalam menjalankan suatu bisnisnya dan bisa menghemat waktu dalam bekerja. Serta konsumen bisa melakukan suatu kegiatannya lewat aplikasi digital tersebut dalam melakukan pemesanan atau melakukan transaksi beli barang lewat aplikasi digital ini. Aplikasi pegadaian digital service (PDS) adalah satu fasilitas dalam bentuk digital yang dimiliki oleh PT Pegadaian yang berbasis sistem dan handphone. Aplikasi pegadaian digital service (PDS) dapat memberikan pelayanan kepada nasabah untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dari produk-produk yang ada di dalam aplikasi tersebut. Serta menggunakan outstanding loan (penyaluran pinjaman). Layanan baru ini menawarkan kemudahan bagi nasabah mulai dari melalukakan pengajuan gadai atau pengajuan kredit mikro. Keunggulan dari PDS ini di antaranya adalah nasabah mendapatkan pelayanan lebih cepat yang sejajar dengan yang diberikan oleh pelayanan outlet Pegadaian. outstanding loan atau penyaluran pinjaman adalah untuk mencapai suatu target, pegadaian memperkenalkan aplikasi “Digital Service” ini kepada nasabah. Manfaat Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) adalah untuk mempermudah nasabah maupun calon nasabah dalam melakukan cek tagihan pembayan atau cek tagihan lainnya. Dengan aplikasi pegadaian, nasabah tidak perlu datang ke outlet untuk melakukan pembayan cukup hanya lewat aplikasi saja kemudian dibayarkan sesuai bank yang sudah ditentukan oleh Pegadaian atau melalui ATM. (www.PT Pegadaian.co.id)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dian Rani Yolanda, SE, M.Bus
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Kesekretariatan dan Manajemen Perkantoran
Depositing User: d3 kesekretariatan ekonomi
Date Deposited: 23 Jan 2020 15:01
Last Modified: 23 Jan 2020 15:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56073

Actions (login required)

View Item View Item