Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Kesiapsiagaan Menghadapi Risiko Gempa Bumi dan Tsunami pada Siswa SMAN 2 Padang Tahun 2019

Rahim Harningsih, Nurfa (2020) Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Kesiapsiagaan Menghadapi Risiko Gempa Bumi dan Tsunami pada Siswa SMAN 2 Padang Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII (Kesimpulan dan Saran))
BAB 7 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Utuh (Fulltext))
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kota Padang berada di wilayah pertemuan Lempeng Indo-Australia dengan Lempeng Eurasia yang berdampak pada risiko tinggi terjadinya gempa bumi dan tsunami. Wilayah yang paling berisiko gempa bumi dan tsunami adalah yang berada tepi pantai Kota Padang yang digolongkan sebagai Zona Merah. SMAN 2 Padang merupakan salah satu sekolah yang berada di wilayah Zona Merah gempa bumi dan tsunami dan dekat dengan Sungai Banda Bakali. Didapatkan data masih terdapat siswa yang menyatakan belum memiliki pengetahuan yang cukup berkaitan dengan kesiapsiagaan gempa bumi dan tsunami dan belum siap apabila bencana terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan kesiapsiagaan menghadapi risiko gempa bumi dan tsunami pada siswa di SMAN 2 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif analitik menggunakan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster sampling dengan jumlah sampel 280 siswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang terdiri dari 4 bagian, diantaranya data demografi, kuisioner pengetahuan, kuisioner sikap, dan kuisioner kesiapsiagaan. Analisis penelitian menggunakan uji komperatif dengan menggunakan aplikasi komputer. Hasil penelitian ini menunjukkan lebih dari setengah siswa (55,4%) memiliki pengetahun tinggi, lebih dari setengah siswa (53,2%) memiliki sikap baik, dan lebih dari setengah siswa (66,1%) memiliki kesiapsiagaan sedang. Didapatkan hubungan bermakna antara pengetahuan dengan kesiapsiagaan dengan nilai signifikansi (p-value) = 0,001 dan didapatkan hubungan bermakna antara sikap dengan kesiapsiagaan dengan nilai signifikansi (p-value) = 0,000. Disarankan kepada pihak sekolah untuk meningkatkan pembelajaran yang lebih aplikatif khususnya kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami yang telah terintegrasi dalam mata pelajaran dan menyegerakan waktu pelaksanaan simulasi bencana terkhusus bagi siswa baru. Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Kesiapsiagaan, Gempa Bumi, Tsunami Daftar Pustaka : 51 buah (2006-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: EMIL HURIANI, S.Kp., MN
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Jan 2020 15:00
Last Modified: 23 Jan 2020 15:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56043

Actions (login required)

View Item View Item