PENGARUH KREDIT TERHADAP USAHATANI PADI ANGGOTA LKM-A PINCURAN BONJO DI KELURAHAN PADANG ALAI BODI KECAMATAN PAYAKUMBUH TIMUR KOTA PAYAKUMBUH

YADI, GUSWARDI (2020) PENGARUH KREDIT TERHADAP USAHATANI PADI ANGGOTA LKM-A PINCURAN BONJO DI KELURAHAN PADANG ALAI BODI KECAMATAN PAYAKUMBUH TIMUR KOTA PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Univeritas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Upload 1.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Upload 2.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Upload 3.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Upload 4.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img] Text (FULL SKRIPSI)
Upload 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH KREDIT TERHADAP USAHATANI PADI ANGGOTA LKM-A PINCURAN BONJO DI KELURAHAN PADANG ALAI BODI KECAMATAN PAYAKUMBUH TIMUR KOTA PAYAKUMBUH ABSTRAK Kredit pertanian merupakan salah satu masalah yang dihadapi petani selama ini terutama sulitnya persyaratan administrasi pada lembaga keuangan formal, LKM-A Pincuran Bonjo hadir sebagai solusi sumber kredit pertanian bagi petani. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui alokasi dana pembiayaan oleh petani anggota dari LKM-A Pincuran Bonjo disektor usahatani padi (2) menganalisis pengaruh dari pembiayaan yang diberikan LKM-A Pincuran Bonjo terhadap usahatani padi anggota. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dan metode yang digunakan adalah metode survey dengan 22 orang responden adapun teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan menggunakan teknik sensus kemudian data dianalisis secara kualitatif dan analisa deskriptif kuantitatif dengan menggunakan model regresi linier berganda melalui program SPSS. Hasil analisis menunjukan bahwa (1) alokasi dana kredit oleh petani responden telah dipergunakan sebagai modal input produksi usahatani seperti pembelian bibit, pupuk dan upah tenaga kerja, namun penggunaan kredit untuk input produksi usahatani berada di persentase < 50% dari total kreditnya, yaitu sebanyak 20 orang responden, dan penggunaan kredit > 50% sebanyak 2 orang responden, rendahnya alokasi kredit yang dipergunakan petani responden sebagai modal penguatan input produksi usahatani tentu saja berpengaruh kurang maksimalnya pembelian input usahatani digunakan yang juga menyebabkan tidak maksimalnya produksi usahatani (2) kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan bibit dan tenaga kerja dalam usahatani anggota LKM-A Pincuran Bonjo, dan kredit tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan pupuk dilihat dari hasil pengujian regresi dengan taraf nyata 20%. Penggunaan input produksi seperti bibit, pupuk dan tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap output produksi usahatani padi adapun saran dari hasil penelitian ini adalah sebaiknya petani memanfaatkan dana kredit secara maksimal sebagai modal usahatani agar hasilnya lebih maksimal dan LKM-A Pincuran Bonjo sebaiknya melakukan pengawasan rutin terhadap anggota agar dana pembiayaan yang diberikan tepatguna. Kata Kunci: Kredit, Usahatani, Produksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zednita Azriani, SP. MSi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:51
Last Modified: 23 Jan 2020 14:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56028

Actions (login required)

View Item View Item