EKSPLORASI DAN KARAKTERISASI PLASMA NUTFAH PADI KETAN LOKAL (Oryza sativa L. Var. Glutinosa) TIGA KABUPATEN DI SUMATERA BARAT

Feri, Hendriawan M (2019) EKSPLORASI DAN KARAKTERISASI PLASMA NUTFAH PADI KETAN LOKAL (Oryza sativa L. Var. Glutinosa) TIGA KABUPATEN DI SUMATERA BARAT. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
EKSPLORASI DAN KARAKTERISASI PLASMA NUTFAH PADI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Padi ketan termasuk salah satu jenis dari ribuan jenis padi. Padi ketan yang umumnya dikenal dan biasanya ada dipasaran terdiri dari tiga jenis, yakni ketan hitam, ketan merah dan ketan putih. Ketiga warna ini dipengaruhi senyawa fenolik yang dikandungnya yakni antosianin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengidentifikasi dan mengkarakterisasi semua plasma nutfah dari tanaman padi ketan lokal yang ada pada tiga Kabupaten di Sumatera Barat. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2019 - Agustus 2019 di Kabupaten Agam (dataran tinggi), Kabupaten Tanah Datar (dataran medium) dan Kabupaten Padang Pariaman (dataran rendah). Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel secara sengaja (purposive sampling) pada plasma nutfah tanaman padi ketan yang ditemukan dalam persawahan di tiga Kabupaten tersebut. Data yang diamati berupa data Kuantitatif dan Kualitatif dari tanaman padi ketan. Hasil Penelitian menunjukan ada 9 jenis plasma nutfah padi ketan yang tersebar di tiga Kabupaten dalam Provinsi Sumatera Barat. Hasil pengamatan dideskripsikan dan dilakukan analisis kemiripan dengan menggunakan program NTSYS versi 2.02. Hasil analisis kemiripan menunjukan bahwa ada 9 jenis plasma nutfah tanaman padi ketan lokal dengan koefisien kemiripan 0,25 - 0,43 atau 25 - 43 %. Ada dua plasma nutfah memiliki koefisien kemiripan tertinggi yaitu KPP-KPAU dan KPP-KPPP sebesar 0,43. Angka koefisien kemiripan tanaman padi ketan lokal yang tinggi, menunjukan keduanya memiliki kekerabatan yang dekat. Kata Kunci : Padi Ketan Lokal, Plasma Nutfah, Eksplorasi, Karakterisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Nasrez Akhir, MS
Uncontrolled Keywords: Padi Ketan Lokal, Plasma Nutfah, Eksplorasi, Karakterisasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s2 agronomi agronomi
Date Deposited: 23 Jan 2020 12:45
Last Modified: 23 Jan 2020 12:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56020

Actions (login required)

View Item View Item