Iklim Komunikasi Organisasi di Klinik Minang Medical Center Padang (Studi Kasus Komunikasi Internal pada Pimpinan dan Karyawan)

Rima, Andina (2020) Iklim Komunikasi Organisasi di Klinik Minang Medical Center Padang (Studi Kasus Komunikasi Internal pada Pimpinan dan Karyawan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DI KLINIK MINANG MEDICAL CENTER PADANG (STUDI KASUS KOMUNIKASI INTERNAL PIMPINAN DAN KARYAWAN) Oleh : RIMA ANDINA 1410861012 Pembimbing: Dr. Ernita Arif, M. Si Rinaldi, M. I. Kom Klinik Minang Medical Center (MMC) sering menghadapi permasalahan seperti permasalahan komunikasi antara pimpinan dan bawahan, dimana kurang terjalin komunikasi yang efektif. Klinik MMC telah melakukan restrukturisasi berkali-berkali selama kurang dari dua tahun. Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan jumlah pasien dari tahun ke tahun. Iklim komunikasi yang tidak berjalan dengan baik akan berdampak pada konflik internal di dalam sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami iklim komunikasi internal pada pimpinan dan karyawan serta hambatan di klinik MMC dengan teori hubungan manusia oleh Elton Mayo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah post positivisme dimana peneliti melihat dan mengetahui komunikasi organisasi pada klinik MMC. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai pimpinan, karyawan serta dokter di klinik MMC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang terdapat di klinik MMC mencakup komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah dan komunikasi horizontal. Dilihat dari nilai-nilai pembentuk iklim komunikasi seperti nilai keterbukaan dan kejujuran serta kepercayaan, diperoleh hasil bahwa iklim komunikasi tersebut tidak berjalan dengan baik seperti tidak adanya keterbukaan masalah gaji karyawan, pimpinan tidak memberikan kepercayaan sepenuhnya terhadap tugas yang diberikan kepada karyawan, komunikasi mengenai informasi pekerjaan seperti jadwal praktek yang tidak jelas bagi dokter sehingga menghasilkan iklim komunikasi negatif. Perbedaan latar belakang pimpinan di klinik MMC menjadi salah satu hambatan dalam pemberian arahan kepada karyawan. Kata kunci : Iklim Komunikasi Organisasi, Komunikasi Organisasi, Klinik Minang Medical Center, Teori Hubungan Manusia

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:29
Last Modified: 23 Jan 2020 14:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56019

Actions (login required)

View Item View Item