EVALUASI PENERAPAN STANDAR CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK UNTUK INDUSTRI RUMAH TANGGA (CPPB-IRT) PADA IKM PUTRI MINANG BUAH

ABDUL, HALIM (2020) EVALUASI PENERAPAN STANDAR CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK UNTUK INDUSTRI RUMAH TANGGA (CPPB-IRT) PADA IKM PUTRI MINANG BUAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
3. BAB VI.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
5. SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pemerintahan melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada tahun 2012 telah menetapkan suatu standar dalam memproduksi pangan yang baik guna menjamin kualitas dan keamanan produk pangan. Standar tersebut adalah Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri rumah Tangga (CPPB-IRT) yang merupakan pedoman yang berisi persyaratan-persyaratan pada setiap ruang lingkup/ aspek yang wajib dipenuhi oleh produsen pangan industri rumah tangga untuk menghasilkan pangan yang bermutu, aman dan layak dikonsumsi. IKM Putri Minang Buah merupakan IKM yang memerlukan evaluasi penerapan CPPB-IRT agar dapat mengembangkan usahanya dengan lebih baik. Tujuan penelitian kali ini adalah mengevaluasi pengolahan keripik nangka di IKM Putri Minang Buah dengan menggunakan standar CPPB-IRT tahun 2012. Evaluasi penerapan CPPB-IRT dilakukan dengan menilai penerapan dari aspek CPPB-IRT dengan bantuan checklist. Berdasarkan hasil penilaian aspek persyaratan CPPB-IRT yang dilakukan, ditemukanlah sejumlah penyimpangan yang terjadi pada IKM Putri Minang Buah. Penyimpangan tersebut berupa penyimpangan mayor sebanyak 1 buah, penyimpangan serius sebanyak 7 buah dan penyimpangan kritis sebanyak 5 buah. Selanjutnya dilakukan analisis untuk mencari akar permasalahan terhadap penyimpangan serius dan kritikal yang terjadi pada IKM Putri Minang Buah dengan menggunakan metode Root Cause Analysis (RCA). Akar permasalahan yang ditemukan lalu diberikan usulan perbaikan antara lain : perbaikan lantai, perbaikan langit-langit, perbaikan pintu, perbaikan jendela dan ventilasi, menyediakan tempat sampah yang tertutup, menyediakan pakaian kerja, mengganti tempat pisau, rancangan SOP kebersihan area produksi, rancangan SOP kebersihan peralatan produksi, instruksi kerja kerbersihan karyawan, dan usulan tata letak. Kata kunci: CPPB-IRT, Putri Minang Buah, Root Cause Analysis (RCA), Tata Letak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hilma Raimona Zadry, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 23 Jan 2020 15:17
Last Modified: 23 Jan 2020 15:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56011

Actions (login required)

View Item View Item