FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PENGOBATAN TUBERKULOSIS BASIL TAHAN ASAM (BTA) POSITIF DI PUSKESMAS KOTA PADANG

HAFSARI, WULANDARI (2020) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PENGOBATAN TUBERKULOSIS BASIL TAHAN ASAM (BTA) POSITIF DI PUSKESMAS KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK-dikonversi.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN-dikonversi.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII KESIMPULAN & SARAN)
BAB VII KESIMPULAN & SARAN-dikonversi.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
HAFSARI WULANDARI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tuberkulosis paru merupakan penyebab kematian ke dua dari penyakit infeksi di Indonesia serta menempati posisi ketiga dengan beban TB paru tertinggi di dunia. Indonesia merupakan negara penyumbang kasus TB terbesar ketiga setelah India (27%) yaitu sebesar 8%. Ketidakpatuhan pengobatan TB adalah penghalang dalam pencegahan dan pengendalian TB serta dapat menyebabkan resistensi obat, kambuh dan kematian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan pengobatan pasien TB paru BTA positif di Puskesmas Padang. Desain penelitian ini adalah cross sectional study. Sampel penelitian ini terdiri dari 54 orang penderita TB yang berada pada fase pengobatan, dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 16 sampai 25 Desember 2019 dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukan faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pengobatan pada penderita TB yaitu pengetahuan (p=0,020), sikap (p=0,004), motivasi (p=0,011), dukungan keluarga (p=0,022), aksesibilitas (p=0,013). Faktor yang tidak berhubungan yaitu dukungan petugas kesehatan (p=0,919). Diharapkan pemberian pendidikan kesehatan tentang pengetahuan cara minum obat beserta efek sampingnya dan pentingnya dukungan petugas kesehatan dalam memotivasi penderita TB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hema Malini, S.Kp., MN., PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Jan 2020 15:18
Last Modified: 24 Jan 2020 15:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56008

Actions (login required)

View Item View Item