Pola Komunikasi Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat dalam Upaya Penyelesaian Laporan Masyarakat (Studi Kasus Upaya Penyelesaian Laporan Masyarakat dalam Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Kota Padang 2018)

Shinzi Aulia, Khallista (2020) Pola Komunikasi Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat dalam Upaya Penyelesaian Laporan Masyarakat (Studi Kasus Upaya Penyelesaian Laporan Masyarakat dalam Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Kota Padang 2018). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover + Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat selaku lembaga negara pengawas pelayanan publik berupaya menyelesaikan ratusan laporan masyarakat terkait seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Kota Padang 2018 yang tidak ditanggapi secara maksimal oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Padang selaku panitia penyelenggara seleksi. Objek dari penelitian ini adalah Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi, media, dan hambatan Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat dalam upaya penyelesaian laporan masyarakat terkait seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Kota Padang 2018. Pola komunikasi, media, dan hambatan tersebut dibedah menggunakan teori birokrasi weberian oleh Max Weber dengan konsep birokrasi pemerintahan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan paradigma postpositivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam terhadap asisten Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat, staf Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Padang, dan masyarakat yang melaporkan permasalahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat menggunakan pola komunikasi Y dimana terdapat pemimpin kedua dalam lembaga tersebut yang fokus bertanggung jawab pada penyelesaian laporan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara. Upaya penyelesaian laporan dilakukan dengan mengoptimalkan penggunaan media elektronik berupa telepon, whatsapp, zimbra, dan aplikasi SIMPel Ombudsman dalam komunikasinya dengan pihak-pihak terkait. Penggunaan media elektronik dianggap dapat membuat batas-batas birokrasi lebih fleksibel sehingga pengumpulan informasi lebih cepat dan mendalam. Hambatan yang ditemui dalam proses penyelesaian laporan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Kota Padang 2018 adalah keterbatasan waktu dimana proses penyelesaian laporan berpacu dengan jadwal seleksi yang telah ditetapkan, kurangnya sumber daya manusia, serta kekakuan birokrasi pada instansi terlapor yang menyebabkan permasalahan psikologis berupa rasa panik dalam komunikasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rahmi Surya Dewi, M.S
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Jan 2020 15:37
Last Modified: 23 Jan 2020 15:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55948

Actions (login required)

View Item View Item