EVALUASI KANDUNGAN NUTRISI DUA GALUR HARAPAN TIPE BARU GENERASI F5 TURUNAN PERSILANGAN PADI MERAH KULTIVAR SILOPUK DENGAN VARIETAS UNGGUL FATMAWATI

Lindo, Jati (2020) EVALUASI KANDUNGAN NUTRISI DUA GALUR HARAPAN TIPE BARU GENERASI F5 TURUNAN PERSILANGAN PADI MERAH KULTIVAR SILOPUK DENGAN VARIETAS UNGGUL FATMAWATI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Persilangan padi merah Kultivar Silopuk dengan Varietas unggul Fatmawati menghasilkan beberapa genotipe rekombinan dengan ciri ukuran biji besar seperti Fatmawati dan beras bewarna merah seperti Silopuk, galur SF5-12-24-17 dan SF5-12-49-16 yang memiliki keunggulan dari segi penampilan agronomis dilanjutkan dengan uji kandungan nutrisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kandungan antosianin, protein, indeks glikemik dan aromatik, serta keragaman antosianin dan protein pada dua galur hasil persilangan padi merah Kultivar Silopuk dengan varietas unggul Fatmawati. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Ruminansia Fakultas Peternakan dari bulan Agustus – Oktober 2019. Metode eksperimen yang dilakukan menggunakan 2 galur masing-masing 3 ulangan dan setiap ulangan dipilih 3 sampel yang dikumulatifkan, kandungan nutrisi dianalisis dengan metode pH-differensial dalam penentuan kadar antosianin, metode Kjeldahl dalam penentuan kadar protein, uji organoleptik metode tabung reaksi dalam penentuan aromatik, dan penetuan indeks glikemik sebelumnya diketahui kadar karbohidrat serta serat pangan. Data hasil analisis kandungan nutrisi dianalisis secara statistik sederhana. Hasil analisis kandungan nutrisi dua galur harapan tipe baru generasi F5 turunan persilangan padi merah kultivar Silopuk dengan varietas unggul Fatmawati yaitu didapatkan kadar antosianin dengan rata-rata 0.057 mg/g pada galur SF5-12-24-17 dan galur SF5-12-49-16 dengan rata-rata 0.073 mg/g dengan tingkat keragaman sempit, kadar protein dengan rata-rata 13.597% pada galur SF5-12-24-17 dan pada galur SF5-12-49-16 dengan rata-rata 12.837% dengan tingkat keragaman sempit, kriteria aromatik kedua galur beraroma rendah serta kedua galur memiliki kriteria indeks glikemik rendah. Kata kunci: Beras Merah, Antosianin, Protein, Karbohidrat, Serat Pangan, Indeks Glikemik, dan Aromatik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Etti Swasti, MS.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 23 Jan 2020 12:40
Last Modified: 23 Jan 2020 12:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55911

Actions (login required)

View Item View Item