ANALISIS IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA KAPITASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL OLEH PUSKESMAS DI KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2019

NESPITA, WILIA (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA KAPITASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL OLEH PUSKESMAS DI KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2019. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (416kB)
[img] Text (bab v)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (Full text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar Belakang : Jumlah dana sisa yang menumpuk di rekening puskesmas akan menimbulkan berbagai dampak terutama munculnya dana yang tidak termanfaatkan atau dana sisa. Dana kapitasi ini sifatnya sangat rawan untuk disalahgunakan sehingga perlu adanya keahlian yang khusus terkait pengelolaan dana kapitasi ini. Metode : Jenis penelitian adalah penelitian kualitiatif dengan wawancara semi-terstruktur, telaah dokumen dan observasi dengan jumlah informan 9 orang yang terdiri dari Bupati, DPRD, Dinas Kesehatan dan 2 Puskesmas sampel. Hasil : Hasil analisis berdasarkan pendekatan sistem menunjukkan bahwa pengelolaan dana kapitasi oleh puskesmas di Kabupaten Pasaman Barat yaitu sebagai berikut: komponen input yaitu tenaga yang belum berkompeten, dan sarana prasarana pendukung yang belum memadai. Komponen proses yaitu perencanaan menjadi lebih fleksibel namun pelaksanaan menjadi tidak lancar akibat kebijakan yang masih baru. Komponen output yaitu, ekuitas atau pelayanan kesehatan yang diberikan sama terhadap pasien tanpa membedakan status kepesertaan dan kelas, puskesmas tidak pernah menghitung efisiensi keuangannya padahal sangat berkaitan dengan menentukan perencanaan selanjutnya, kualitas pengelolaan dana kapitasi tidak mengalami peningkatan, dan sustainabilitas pengelolaan dana kapitasi mengalami peningkatan. Jadi pengelolaan dana kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional oleh puskesmas perlu ditingkatkan dengan cara memperbaiki komponen input yaitu dengan peningkatan Kesimpulan : kapasitas tenaga pengelola dan melengkapi prasarana yang belum tersedia sehingga diharapkan dapat meningkatkan pada proses dan output juga nantinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. DR. dr. Delmi Sulastri, MS, SpGK
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 23 Jan 2020 15:26
Last Modified: 23 Jan 2020 15:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55899

Actions (login required)

View Item View Item