PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS PADANG PENGGEMBALAAN ALAM DI KECAMATAN LINTONG NIHUTA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN SUMATERA UTARA

Fitra, Neti (2020) PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS PADANG PENGGEMBALAAN ALAM DI KECAMATAN LINTONG NIHUTA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN SUMATERA UTARA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img] Text (full skripsi)
full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS PADANG PENGGEMBALAAN ALAM DI KECAMATAN LINTONG NIHUTA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN SUMATERA UTARA Fitra Neti, dibawah bimbingan Dr. Riesi Sriagtula, S.Pt. MP dan Dr. Ir. Hj. Elly Roza, MS Bagian Nutrisi Dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, 2020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas dan kualitas padang pengembalaan alam di Kecamatan Lintong Nihuta Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara. Penelitian dilakukan dengan metode survey, data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data diperoleh dengan bantuan kuadran 0,5 x 0,5 m2 pada 10 titik di satu padang pengembalaan alam, pada tiga padang pengembalaaan alam yang menjadi sampling. Parameter yang diukur adalah komposisi botanis, produksi biomassa, kapasitas tampung dan kandungan bahan kering, bahan organik serta abu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis hijauan yang banyak terdapat di padang pengembalaan alam adalah rumput dengan presentase 74,7 %. Rumput yang tumbuh di dominasi oleh rumput banto (Leersia hexandra) 36,84 %. Leguminosa dengan presentase 1,3% yang di dominasi oleh putri malu (Mimosa pudika) 3,85% dan Gulma dengan presentase 24 % yang di dominasi oleh bandotan (Ageratum conyzoides) 15,79%. Produksi biomassa segar adalah 2,63 ton/ha/panen. Kapasitas tampung padang pengembalaan alam adalah 0,3 ST/ha/tahun. Kandungan BK, BO dan abu pada padang pengembalaan alam di lokasi penelitian untuk kandungan BK adalah 28,48 %, BO 91,45 % dan abu 7,09 %. Kesimpulan dari penelitian adalah produksi biomassa dan kapasitas tampung padang penggembalaan alam di Kecamatan Lintong Nihuta termasuk rendah. Kata kunci : Produktivitas, Kapasitas tampung, Komposisi botanis, Padang pengembalaan, Produksi biomassa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Riesi Sriagtula, S.Pt. MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 23 Jan 2020 15:32
Last Modified: 23 Jan 2020 15:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55862

Actions (login required)

View Item View Item