PENOLAKAN PUTUSAN ARBITRASE INTERNASIONAL DALAM PENYELESAIAN SENGKETA ARBITRASE INTERNASIONAL DITINJAU DARI CONVENTION ON THE RECOGNITION AND ENFORCEMENT OF FOREIGN ARBITRAL AWARD (KONVENSI NEW YORK 1958)

Agung, Prasetyo Azrun (2020) PENOLAKAN PUTUSAN ARBITRASE INTERNASIONAL DALAM PENYELESAIAN SENGKETA ARBITRASE INTERNASIONAL DITINJAU DARI CONVENTION ON THE RECOGNITION AND ENFORCEMENT OF FOREIGN ARBITRAL AWARD (KONVENSI NEW YORK 1958). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hubungan internasional antara subyek hukum internasional tidak selamanya berjalan dengan baik. Penyelesaian sengketa melalui arbitrase menuntut para pihak harus melaksanakan putusan dengan itikad baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana pengaturan penolakan putusan arbitrase internasional dalam konvensi New York 1958 dan apa upaya yang dapat dilakukan terhadap penolakan putusan arbitrase internasional oleh salah satu pihak yang bersengketa. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dan bersifat deskriptif yang memberikan gambaran secara analitis dan sitematis terhadap permasalahan yang penulis angkat berdasarkan data yang diperoleh. Pendekatan penelitian menggunakan konvensi, undang-undang dan contoh kasus. Jenis data penelitian adalah data sekunder dengan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder dengan cara studi kepustakaan. Pengaturan penolakan putusan arbitrase internasional terdapat dalam pasal V Konvensi New York 1958 sedangkan di Indonesia diatur dalam Undang-Undang 30 tahun 1999. Putusan arbitrase internasional bersifat “final and binding” menurut konvensi ini dan tidak mengatur upaya banding, sehingga sudah sangat jelas tidak ada upaya yang dapat dilakukan terhadapnya dan putusan harus dilaksanakan tanpa adanya penundaan. Kata kunci : Arbitrase Internasional, Penyelesaian Sengketa Arbitrase Internasional, Penolakan Putusan Arbitrase Internasional, Konvensi New York 1958.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. H. Firman Hasan, S.H., L.LM.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 22 Jan 2020 16:22
Last Modified: 22 Jan 2020 16:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55834

Actions (login required)

View Item View Item