PEMBERIAN KREDIT BRIGUNA YANG DISERTAI JAMINAN KEPADA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA PT.BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK CABANG PADANG

yulianti, nishrina (2020) PEMBERIAN KREDIT BRIGUNA YANG DISERTAI JAMINAN KEPADA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA PT.BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK CABANG PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab IV)
BAB IV, PENUTP DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang pemberian kredit briguna yang disertai jaminan kepada pegawai negeri sipil pada PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Padang . Kredit briguna merupakan kredit yang diberikan kepada calon debitur dengan sumber pembiayaan (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (gaji). Salah satu pasar sasaran dari kredit briguna ini adalah pegawai negeri sipil, dengan memenuhi persyaratan yaitu gaji dan Surat Keputusan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil. Oleh sebab itulah maka ketentuan-ketentuan mengenai kredit briguna pada umumnya tidak dimintakan jaminan berupa benda tidak bergerak atau benda bergerak.. Setiap kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya menimbulkan yang namanya resiko kredit, begitu juga hal nya dengan kredit briguna. Risiko yang dimaksud adalah kegagalan nasabah dalam pengembalian kredit dalam bentuk angsuran sampai dengan kredit lunas yang telah disepakati di awal terbentuknya perjanjian kredit. Dalam penelitian ini dirumuskan dua buah rumusan masalah yaitu : (1) Apa yang melatarbelakangi PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Padang melaksanakan pemberian kredit briguna disertai dengan jaminan?, (2) Bagaimana kedudukan jaminan dalam pemberian kredit briguna kepada Pegawai Negeri Sipil?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Yuridis Empiris. Data yang digunakan adalah data primer berupa wawancara dan studi dokumen dan perpustakaan dan data sekunder yang bersumber dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Untuk menganalisis data dilakukan analisis secara kualitatif. Data penelitian ini ditemukan (1).pemberian kredit briguna yang disertai jaminan kepada pegawai negeri sipil pada PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Padang dilatar belakangi oleh karena : karakter debitur dalam membayar kewajiban, penurunan gaji pegawai negeri sipil sehubungan berakhirnya jabatan dari pegawai negeri sipil serta pemindahan bank pembayaran gaji pegawai negeri sipil ke bank pesaing dan mempengaruhi kemampuan bayar kredit briguna oleh pegawai negeri sipil pengaju kredit, sehingga untuk menghindari terjadinya kredit briguna bermasalah sesuai dengan analisa Account Officer dan adjusment pejabat pemutus berdasarkan prinsip kehati-hatian meminta untuk disertainya jaminan dan permintaan jaminan tersebut disetujui oleh debitur dengan alasan kebutuhan akan kredit, persyaratan lebih mudah daripada KPR atau KKB,merasa aman jika disimpan di bank. (2)Kedudukan jaminan dalam pemberian kredit briguna hanya disimpan di PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Padang sampai kredit briguna tersebut lunas yang bukti penyerahan hanya dengan surat tanda terima jaminan, dalam hal ini jaminan tersebut hanya pengikatan secara moril saja yaitu memberikan dampak psikologis kepada debitur untuk lebih bertanggungjawab dalam membayar angsuran kredit briguna.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Busyra Azheri, SH.,MH
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 23 Jan 2020 10:49
Last Modified: 23 Jan 2020 10:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55783

Actions (login required)

View Item View Item