UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI PELANGGARAN LALU LINTAS OLEH ANAK SEBAGAI PENGENDARA SEPEDA MOTOR (Studi di Satlantas Polres Kabupaten Tanah Datar)

Hengky, Hidayat (2020) UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI PELANGGARAN LALU LINTAS OLEH ANAK SEBAGAI PENGENDARA SEPEDA MOTOR (Studi di Satlantas Polres Kabupaten Tanah Datar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan menjelaskan bahwa setiap pengendara kendaraan bermotor harus memiliki SIM dan telah cukup umur. Apabila hal tersebut tidak terwujud maka banyak terjadi pelanggaran lalu lintas yang terjadi di jalan raya. Pelanggaran lalu lintas yang terjadi juga dilakukan oleh anak yang mengendarai sepeda motor. Dalam skripsi ini permasalahan: 1) Bagaimanakah upaya kepolisian dalam menanggulangi pelanggaran lalu lintas oleh anak sebagai pengendara sepeda motor? 2) Apa saja kendala yang dihadapai kepolisian dalam menanggulangi pelanggaran lalu lintas oleh anak sebagai pengendara sepeda motor? 3) Bagaimanakah upaya mengatasi kendala yang dihadapi kepolisian dalam menanggulangi pelanggaran lalu lintas oleh anak sebagai pengendara sepeda motor? Penelitian ini dilakukan di wilayah Satuan Lalu Lintas Polres Tanah Datar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan yuridis sosiologis. Jenis data yang digunakan adalah data yang langsung di dapat dari lapangan dari hasil penelitian penulis dan informasi yang diperoleh dari studi kepustakaan. Penelitian yang penulis lakukan di Satlantas Polres Tanah Datar di peroleh data bahwa dalam menanggulangi pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak sebagai pengendara sepeda motor, kepolisian lalu lintas Polres Tanah Datar menjalankan tugasnya dalam melakukan upaya menanggulangi dengan tindakan berupa: 1) Tindakan Preventif seperti pihak kepolisian melakukan penyuluhan di berbagai sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Tanah datar, memberikan spanduk himbauan kepada pengendara sepeda motor, melakukan penertiban bagi pengendara sepeda motor yang melakukan pelanggaran, memberikan bus sekolah bagi para pelajar agar tidak menggunakan sepeda motor. 2) Tindakan Represif yang dilakukan dengan melakukan peringatan terhadap anak yang melakukan pelanggaran lalu lintas yang kemudian pihak kepolisian melakukan penilangan. Kendala yang di hadapi pihak kepolisian satuan lalu lintas Polres Tanah Datar dalam menanggulangi pelanggaran lalu lintas oleh anak yang mengendarai sepeda motor berupa kurangnya pengawasan dari orang tua, pengawasan guru, kurangnya kesadaran hukum dari si anak, kurangnya personil kepolisian lalu lintas, dan kurangnya kendaraan operasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fadillah Sabri, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 22 Jan 2020 16:16
Last Modified: 22 Jan 2020 16:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55770

Actions (login required)

View Item View Item