Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Flebitis Pada Pasien Yang Terpasang Infus Di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. Rasidin Padang

Dian, Eka Hasdrianti (2020) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Flebitis Pada Pasien Yang Terpasang Infus Di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. Rasidin Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover+Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Pendahuluan)
BAB VII (Akhir).pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI DIAN - WATERMARK 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Flebitis merupakan infeksi pada pembulu darah. Pemasangan infus beresiko kepada terjadinya flebitis. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya flebitis diantaranya umur, jenis cairan, ukuran kanula, lokasi pemasangan dan penggantian balutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi terjadinya flebitis pada pemasangan infus. Jenis penelitian analisi deskriptif . penelitian dilakukan di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. Rasidin Padang pada bulan Agustus sampai Desember 2019. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 95 dengan sampel sebanyak 76 pasien yang terpasang infus. Dalam penelitian ini faktor yang diamati meliputi umur, jenis cairan, ukuran kanula, lokasi pemasangan, penggantian balutan. Pengambilan data menggunakan lembar observasi dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian data didapatkan bahwa dari 76 responden yang mengalami flebitis sebanyak 59 responden (77,6%). Secara signifikan didapatkan hubungan antara umur, jenis cairan, ukuran kanula, lokasi pemasangan dan penggantian balutan dengan kejadian flebitis terdapat hubungan dengan p value ≤ 0,05. Diharapkan agar rumah sakit dapat memotivasi perawat dalam meningkatkan kepeduliannya dalam merawat pasien agar kejadian flebitis dapat berkurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Zifriyanthi Minanda Putri, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Jan 2020 15:13
Last Modified: 22 Jan 2020 15:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55734

Actions (login required)

View Item View Item