Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kelengkapan Pemberian Imunisasi DPT-HB-HIB pada Anak Usia 12 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Tahun 2019

Lestari, Lestari (2020) Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kelengkapan Pemberian Imunisasi DPT-HB-HIB pada Anak Usia 12 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2 Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
3 BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Fulltext Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Imunisasi merupakan suatu cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang, dan usaha yang paling efektif untuk mencegah penyakit dan kematian anak. DPT-HB-HIB merupakan salah satu imunisasi dasar yang diberikan pada anak. Namun banyak dari orangtua tidak melengkapi imunisasi pada anak karena cemas terhadap efek samping yang timbul. Dukungan keluarga dibutuhkan dan dijadikan faktor pendorong pada ibu untuk melengkapi imunisasi pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kelengkapan pemberian imunisasi DPT-HB-HIB dasar pada anak usia 12 bulan. Desain penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 12 bulan yang diambil dengan teknik proporsional cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dukungan keluarga dan analisa data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kelengkapan pemberian imunisasi DPT-HB-HIB dan dukungan keluarga dengan nilai p = 0.000. Sesuai hasil penelitian ini diharapkan kepada keluarga supaya mempertahankan dukungan baik yang telah diberikan dan meningkatkan dukungan yang kurang baik kepada ibu untuk memenuhi status imunisasi pada anak. Kata Kunci : Dukungan keluarga, Imunisasi DPT-HB-HIB Daftar Pustaka : 43 (2004-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Deswita, M. Kep., Sp. Kep. An.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Jan 2020 15:37
Last Modified: 22 Jan 2020 15:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55723

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item