PENGARUH KADAR AIR DAN LAMA PENYIMPANAN CAMPURAN AMPAS KELAPA DAN DEDAK PADI YANG DI KEMAS DALAM WADAH VAKUM TERHADAP BAHAN KERING, PERSENTASE JAMUR, DAN BILANGAN THIOBARBITURIC ACID (TBA)

Patmawati, Patmawati (2019) PENGARUH KADAR AIR DAN LAMA PENYIMPANAN CAMPURAN AMPAS KELAPA DAN DEDAK PADI YANG DI KEMAS DALAM WADAH VAKUM TERHADAP BAHAN KERING, PERSENTASE JAMUR, DAN BILANGAN THIOBARBITURIC ACID (TBA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab l.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
bab V.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi full 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh campuran ampas kelapa dengan dedak padi yang dikemas dalam wadah vakum terhadap perubahan bahan kering, persentase koloni jamur, dan bilangan TBA. Penelitian ini menggunakan campuran ampas kelapa dan dedak padi yang dikemas dalam wadah vakum. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap Pola Faktorial 4x3 dengan 3 ulangan. Faktor A (kadar air) yaitu A1= 51%, A2=41%, A3= 34%, dan A4=20%, sedangkan faktor B (lama Penyimpanan) yaitu B1 2 minggu, B2 4 minggu, B3 6 minggu. Peubah yang diamati adalah perubahan bahan kering, persentase jamur, dan bilangan TBA. Hasil penelitian pengaruh kadar air dan lama penyimpanan campuran ampas kelapa dan dedak padi yang dikemas dalam wadah vakum terhadap kandungan bahan kering menujukkan berbeda nyata (P<0,05) , sedangkan persentase jamur menunjukkan berbeda sangat nyata (P<0,01), dan bilangan TBA menunjukkan berbeda nyata (P<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini perlakuan terbaik pada kadar air 51% dengan lama penyimpanan selama 2 minggu dengan kandungan bahan kering 49,27 %, tidak terdapat cemaran jamur dalam bahan, dan bilangan TBA sebesar 0,10 mg malonaldehid/kg sampel. Kata Kunci : Ampas Kelapa, Bahan Kering, Bilangan TBA, Dedak Padi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Adrizal, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 23 Jan 2020 12:41
Last Modified: 23 Jan 2020 12:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55698

Actions (login required)

View Item View Item