ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI MENJADI PESERTA ASURANSI USAHATANI PADI (AUTP)(Studi kasus: Kelurahan Koto Luar dan Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh)

Resti, Aprelesia (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI MENJADI PESERTA ASURANSI USAHATANI PADI (AUTP)(Studi kasus: Kelurahan Koto Luar dan Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER-dikonversi.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN-dikonversi.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab v Kesimpilan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN-dikonversi.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img] Text
skripsi sebelum upload-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani menjadi peserta Asuransi Usahatani Padi (AUTP) di Kelurahan Koto Luar dan Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 26 Juli – 26 Agustus 2019. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan adalah metode survei yang dilakukan dengan wawancara langsung kepada petani yang mengikuti AUTP dan petani yang tidak mengikuti AUTP. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 269 orang (31 peserta yang mengikuti AUTP dan 238 peserta yang tidak mengikuti AUTP). Sampel untuk peserta AUTP ditentukan dengan metode sensus dan untuk non peserta AUTP dengan metode alokasi sebanding sehingga penelitian ini melibatkan 62 responden (31 peserta yang mengikuti AUTP dan 31 peserta yang tidak mengikuti AUTP) di Kelurahan Koto Luar dan Kelurahan Lambung Bukit. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik menggunakan aplikasi SPSS 21. Hasil analisis menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam mengikuti AUTP adalah petani yang sebagian besar telah menempuh pendidikan hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mengusahakan lahan yang berstatus milik sendiri. Sedangkan faktor umur petani, tanggungan keluarga, pengalaman berusahatani, penerimaan usahatani dan ukuran usahatani tidak berpengaruh signifikan. Saran dari hasil penelitian ini adalah: Sebaiknya pihak Jasindo juga memberikan sosialisasi mengenai AUTP terutama kepada petani yang berpendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas kebawah dan yang mengusahakan lahan berstatus sewa. Untuk petani yang belum mau mengambil keputusan supaya menerima adopsi ini maka pihak jasindo bisa lebih giat menekankan manfaat dan kegunaan AUTP kepada petani. Kata Kunci: Asuransi Usahatani, Keputusan, Petani

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Rahmat Syahni Z, M.S,M.Sc,Ph.D
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 21 Jan 2020 17:16
Last Modified: 21 Jan 2020 17:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55661

Actions (login required)

View Item View Item