Efektivitas Beberapa Konsentrasi Ekstrak Daun Pepaya (Carica papaya L.) dalam Menekan Pertumbuhan Jamur Colletrotichum gloeosporioides Penz. Sacc. Penyebab Penyakit Antraknosa pada Tanaman Cabai (Capsicum annuum L.) Secara In-Vitro

Rifa, Edriwilya (2019) Efektivitas Beberapa Konsentrasi Ekstrak Daun Pepaya (Carica papaya L.) dalam Menekan Pertumbuhan Jamur Colletrotichum gloeosporioides Penz. Sacc. Penyebab Penyakit Antraknosa pada Tanaman Cabai (Capsicum annuum L.) Secara In-Vitro. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Daun pepaya (Carica papaya L.) adalah salah satu sumber fungisida nabati yang mampu menekan pertumbuhan jamur patogen pada tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi ekstrak daun pepaya yang efektif dalam menekan pertumbuhan jamur C. gloeosporioides penyebab penyakit antraknosa pada tanaman cabai (Capsicum annuum L.) secara In vitro. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari konsentrasi ekstrak daun pepaya yaitu A (Kontrol), B (1%), C (2%), D (3%), E (4%), dan F (5%). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan sidik ragam dengan uji lanjut Least Significance Different (LSD) pada taraf nyata 5%. Variabel pengamatan adalah luas koloni jamur, pertumbuhan koloni, berat basah, berat kering, dan jumlah konidia/mL suspensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan ekstrak daun pepaya dengan konsentrasi 5% dapat menekan pertumbuhan jamur C. gloeosporioides pada buah cabai secara in vitro. Kata kunci : Capsicum annuum L., Colletotrichum gloeosporioides, ekstrak daun papaya, fungisida nabati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Yenny Liswarni, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 21 Jan 2020 15:51
Last Modified: 21 Jan 2020 15:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55628

Actions (login required)

View Item View Item