PENGARUH PERSENTASE JUMLAH PEMBERIAN PAKAN PADA JADWAL WAKTU PEMBERIAN PAKAN TERHADAP PERFORMA PRODUKSI AYAM PETELUR JANTAN

Andriani, Andriani (2019) PENGARUH PERSENTASE JUMLAH PEMBERIAN PAKAN PADA JADWAL WAKTU PEMBERIAN PAKAN TERHADAP PERFORMA PRODUKSI AYAM PETELUR JANTAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak .pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltexs.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PERSENTASE JUMLAH PEMBERIAN PAKAN PADA JADWAL WAKTU PEMBERIAN PAKAN TERHADAP PERFORMA PRODUKSI AYAM PETELUR JANTAN Andriani dibawah bimbingan Dr. Ir. Tertia Delia Nova. M.Si dan Dr. Ir. Yan Heryandi, MP Bagian Teknologi Produksi Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Andalas, 2019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persentase jumlah pemberian pakan pada jadwal waktu pemberian makan terhadap performa produksi ayam petelur jantan. Penelitian ini menggunakan 125 ekor ayam petelur jantan yang ditempatkan pada 25 unit kandang box dengan ukuran 70cm x 70cm x 80 cm/unit. Setiap kandang box diisi 5 ekor ayam petelur jantan dan perlakuan dimulai umur 2 minggu sampai 10 minggu. Penelitian ini dilakukan dengan metode Rancangan Acak Lenkap (RAL) dengan jadwal waktu pemberian makan pagi-siang dan sore-malam yang sama dan persentase jumlah pemberian pakan yang berbeda. Pada perlakuan P0 : pemberian pakan adli-bitum, P1:30% pagi-siang dan 70% sore-malam, P2: 40% pagi-siang dan 60% sore-malam, P3: 50% pagi-siang dan 50% sore-malam, dan P4: 60% pagi-siang dan 40% sore-malam. Peubah yang diamati adalah konsumsi (g/ekor), pertambahan bobot badan (g/ekor), dan konversi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh persentase pemberian pakan pada jadwal waktu pemberian makan memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) konsumsi ransum dan pertambahan bobot badan serta berperngaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap konversi ransum. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsumsi ransum dan pertambahan bobot badan yang optimal diberikan pakan dengan tanpa batasan (ad-libitum). Dari hasil penelitian ini diperoleh konsumsi ransum 2419,56 g/ekor, pertambahan bobot badan 575,60 g/ekor, dan konversi ransum 4,42. Kata Kunci : Ayam Petelur Jantan, performa produksi, Waktu Pemberian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Tertia Delia Nova. M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 21 Jan 2020 15:04
Last Modified: 21 Jan 2020 15:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55618

Actions (login required)

View Item View Item