ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYUSUNAN REVISI RTRW KOTA BUKITTINGGI TAHUN 2017 (STUDI KASUS KELURAHAN TAROK DIPO)

Liza, Sandra Dewi (2019) ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYUSUNAN REVISI RTRW KOTA BUKITTINGGI TAHUN 2017 (STUDI KASUS KELURAHAN TAROK DIPO). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahaluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Kesimpulan dan Saran)
babVI.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
tesislengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penataan ruang dan wilayah merupakan suatu sistem terkait proses perencanaan, pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang dengan tujuan peningkatan kesejahteran masyarakat. Semua ini merupakan suatu proses sosial yang harus melibatkan masyarakat yang menjadi tujuan akhir dan bagian yang terdampak oleh perencanaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat partisipasi masyarakat dalam penyusunan rencana tata ruang dan wilayah kota Bukittinggi secara umum dan Kelurahan Tarok Dipo secara lebih khusus, serta faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat untuk terlibat dalam partisipasi. Pemilihan Kelurahan Tarok Dipo dikarenakan kelurahan ini mengalami perubahan yang cukup signifikan pada perubahan RTRW tersebut, dan beberapa penolakan serta ketidak puasan masyarakat muncul dari kelurahan ini, diantaranya perubahan kawasan tambuo dari kawasan fungsi pelayanan umum menjadi kawasan perdagangan dan jasa. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebar kuesioner dan indepth interview dengan masyarakat yang terlibat langsung dalam proses penyusunan RTRW. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan model tipologi arnstein dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan tingkat partisipasi masyarakat masih berada pada level tokenisme, tangga keempat, yaitu konsultasi. Hasil ini masih jauah dari kondisi partisipasi maksimal yang diharapkan seperti yang diamanatkan dalam PP Nomor 68 Tahun 2010 mengenai bentuk dan tata cara peran masyarakat dalam penataan ruang. Untuk faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat di Kota Bukittinggi adalah jenis kelamin, usia dan pendapatan. Kata kunci : partisipasi masyarakat, tata ruang. tangga arnstein

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Firwan Tan, SE, M,Ec, DEA. Ing
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 perencanaan pembangunan
Date Deposited: 23 Jan 2020 11:23
Last Modified: 23 Jan 2020 11:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55530

Actions (login required)

View Item View Item