STUDI NUMERIK PENGARUH PENGGUNAAN VERTICAL CORRUGATED SHEAR WALL TERHADAP KINERJA STRUKTUR PORTAL BAJA AKIBAT PEMBEBANAN SIKLIK

Reska, Af Delina (2020) STUDI NUMERIK PENGARUH PENGGUNAAN VERTICAL CORRUGATED SHEAR WALL TERHADAP KINERJA STRUKTUR PORTAL BAJA AKIBAT PEMBEBANAN SIKLIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRACT)
COVER dan ABSTRAK RESKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 RESKA.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB 5 RESKA.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS RESKA.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULL RESKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang rawan akan terjadinya bencana alam, khusunya gempa bumi. Oleh karena itu diperlukan perencanaan struktur bangunan yang tepat untuk meminimalisir resiko yang terjadi akibat gempa bumi. Salah satu solusi yang digunakan untuk meminimalisir resikonya yaitu dengan menambahkan perkuatan seperti perkuatan shear wall pada struktur. Pada penelitian ini, peneliti akan menganalisis pengaruh penggunaan vertical corrugated shear wall terhadap kinerja struktur portal baja akibat pembebanan siklik (bolak - balik). Profil yang digunakan untuk portal baja yaitu IWF.400.200.8.13 sedangkan variasi ketebalan vertical corrugated shear wall baja yang digunakan yaitu 4-10 mm. Mutu baja yang digunakan pada struktur yaitu BJ-37. Penelitian ini menggunakan Software MSC Patran - Nastran Student Version. Desain permodelan struktur dilakukan menggunakan MSC Patran, sedangkan analisa atau proses running struktur menggunakan MSC Nastran. Hasil running yang akan ditinjau pada pembebanan monotonik adalah nilai perpindahan leleh awal yang akan dijadikan sebagai loading protocol pada pembebanan siklik. Hasil running beban siklik dari setiap ketebalan vertical corrugated shearwall akan diplotkan menjadi kurva hyteresis yang terdiri dari 6 siklus pada setiap ketebalan kecuali ketabalan 4 mm yang hanya terjadi sampai siklus ke-5. Hasil yang didap atkan dari penelitian ini yaitu variasi ketebalan vertical corrugated shear wall mempengaruhi besar energi yang diserap oleh struktur yang diberi beban siklik. Energi disipasi struktur bertambah secara linear jika ketebalan vertical corrugated shear wall diperkecil. Kinerja struktur untuk vertical corrugated shear wall dengan ketebalan 5 mm lebih baik daripada ketebalan 10 mm dengan penyerapan energi 1,32 kali lebih besar dibandingkan ketebalan 10 mm. Selain itu didapatkan juga hasil bahwa kekakuan struktur untuk setiap siklus yang diamati dari kemiringan kurva hysteresis bertambah besar seiring dengan bertambahnya ketebalan vertical corrugated shear wall. Untuk setiap ketebalan vertical corrugated shear wall kekakuan struktur berkurang secara asimtotis ketika diberi perpindahan siklik dengan nilai perpindahan yang lebih besar dari perpindahan lelehnya. Kinerja struktur dari segi kekakuan struktur untuk vertical corrugated shear wall dengan ketebalan 10 mm lebih baik daripada ketebalan 5 mm dengan nilai kekakuan 1,55 kali lebih besar dibandingkan ketebalan 5 mm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sabril Haris HG, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Vertical corrugated shear wall, Portal baja, Energi disipasi, Siklik, Kurva Hysteresis.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 20 Jan 2020 16:25
Last Modified: 20 Jan 2020 16:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55473

Actions (login required)

View Item View Item