Estimasi Dosis Radiasi 3D Energi Foton Berbasis Percentage Depth Dose (PDD) dan Profile Dose untuk Treatment Planning System (TPS) Pesawat LINAC

Ervy, Primadila (2020) Estimasi Dosis Radiasi 3D Energi Foton Berbasis Percentage Depth Dose (PDD) dan Profile Dose untuk Treatment Planning System (TPS) Pesawat LINAC. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan dan Saran))
3. BAB akhir (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftrar Pustaka.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai estimasi dosis radiasi 3D energi foton berbasis percentage depth dose (PDD) dan profile dose untuk treatment planning system (TPS) pesawat LINAC menggunakan Matlab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempermudah dan meningkatkan ketelitian pada pembacaan distribusi dosis radiasi permukaan di beberapa kedalaman secara langsung dalam satu kurva. Estimasi dosis radiasi dilakukan menggunakan data PDD dan data profile dose pada kedalaman (5, 10, 15, 20, dan 25) cm. Data PDD dan profile dose diambil dengan berkas foton 6 MV dan 10 MV pada luas lapangan (10x10) cm2 dan source surface distance (SSD) 100 cm. Teknik yang digunakan dalam pengolahan data PDD dan profile dose adalah teknik interpolasi agar data-data tersebut memiliki nilai dengan interval 0,1 mm. Interval 0,1 mm berguna untuk memberikan jarak antar titik distribusi dosis radiasi bernilai sebesar 0,1 mm. Hasil penelitian adalah estimasi dosis radiasi 3D yang menunjukkan distribusi dosis radiasi permukaan pada setiap kedalaman yang digunakan dalam penelitian. Estimasi dosis radiasi pada setiap kedalaman memiliki pola distribusi dosis radiasi yang menyerupai pola distribusi dosis radiasi pada TPS standar di Rumah Sakit Universitas Andalas. Estimasi dosis radiasi menunjukkan bahwa distribusi dosis radiasi akan semakin lebar dan nilai dosis radiasi menjadi semakin menurun seiring peningkatan kedalaman target penyinaran. Kata kunci: estimasi dosis radiasi 3D, percentage depth dose (PDD), profile dose, LINAC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dian Milvita, M.Si
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 20 Jan 2020 15:38
Last Modified: 20 Jan 2020 15:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55405

Actions (login required)

View Item View Item