PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF LATEKS (GETAH KARET) TERHADAP DURABILITAS CAMPURAN LAPISAN ASPHALT CONCRETE-BINDER COURSE (AC-BC)

Dilla, Ameliya Putri (2020) PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF LATEKS (GETAH KARET) TERHADAP DURABILITAS CAMPURAN LAPISAN ASPHALT CONCRETE-BINDER COURSE (AC-BC). Diploma thesis, Universitas Andaas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Kesimpulan))
Bab 5 (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendukung ekonomi masyarakat Indonesia salah satunya yakni perkerasan jalan raya. Dengan berkembangnya ekonomi Indonesia maka dapat menimbulkan beberapa masalah antara lain masalah pada perkerasan jalan yang ada. Apalagi negara Indonesia juga memiliki ilklim atau cuaca yang tidak menentu atau berubah-rubah,dengan keadaan ini dapat menyebabkan perkerasan jalan yang ada semakin memburuk. Maka dari itu salah satu solusi untuk meningkatka kualitas perkerasan jalan adalah dengan adanya penambahan zat aditif. Salah zatu zat aditif yang dapat digunakan yakni lateks (getah karet),kekuatan aspal pada saat menahan beban yang diterima dari kendaraan dapat ditingkatkan dengan penambahan zat aditif ini. Pencampuran antara aspal AC-BC dan zat aditif lateks (getah karet) mampu menerima beban berat dari kendaraan dan juga genangan air yang diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi. Penambahan zat aditif lateks (getah karet) dapat memberikan keuntungan dalam konstruksi perkerasan jalan,beberapa diantaranya yaitu terjadinya penurunan penetrasi,peningkatan titik lembek dan peningkatan titik nyala,dan juga dapat menurunkan kepekaan terhadap temperature pada aspal seiring dengan penambahan lateks (getah karet). Pada penelitian ini,lateks (getah karet) yang dimasukkan kedalam aspal yaitu sebesar 9% dan kadar aspal sebesar 6,73% yang didapatkan dari penelitian terdahulu. Durabiitas menggunakan zat aditif lateks (getah karet) ini dan pembanding dilakukan dengan memvariasikan waktu perendaman yang dilakukan pada hari ke-0,ke-1,ke-4,ke-7 dan hari ke-14. Dalam durabilitas campuran aspal ini digunakan 3 indikator yaitu Indeks Kekuatan Sisa (IKS).”Syarat nilai IKS menurut spesifikasi umum bina marga 2010 revisi 3 adalah 90%. Lalu ada Indeks Durabilitas Pertama (IDP) dan Indeks Durabilitas Kedua (IDK) serta kurva keawetan. Hasil pengujian yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa nilai IKS mengalami penurunan kekuatan”dengan bahan standar,yang memenuhi persyaratan nilai IKS pada 0-2 hari dan pada hari ke-3 hingga hari ke-14 sudah tidak memenuhi standar yaitu >90%. Namun nilai IKS dengan tambahan zat aditif lateks(getah karet) yang memenuhi persyaratan nilai IKS pada 0-4 hari dan pada hari ke-5 hingga hari ke-14 sudah tidak memenuhi standar yaitu >90%. Nilai IDP dengan bahan standar yaitu sebesar 0,531 dan ketika benda uji ditambahkan zat aditif lateks (getah karet) nilainya sebesar 0,513. Nilai IDK dengan bahan standar yaitu sebesar 1,379 dan ketika ditambahkan zat aditif lateks (getah karet) nilainya sebesar 11,912. Ini menunjukkan adanya kehilangan kekuatan pada ilia IDP dan IDK karena memiliki nilai yang positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: M.Aminsyah,MT
Uncontrolled Keywords: Lateks/getah karet,Campuran AC-BC,Durabilitas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 20 Jan 2020 15:40
Last Modified: 20 Jan 2020 15:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55282

Actions (login required)

View Item View Item