PRAKTIK SOSIAL PENGASUHAN ANAK YANG TERINFEKSI HIV/AIDS DALAM KELUARGA, STUDI ENAM KELUARGA DENGAN ANAK HIV/AIDS DI KOTA PADANG

MUHARMAN, MUHARMAN (2019) PRAKTIK SOSIAL PENGASUHAN ANAK YANG TERINFEKSI HIV/AIDS DALAM KELUARGA, STUDI ENAM KELUARGA DENGAN ANAK HIV/AIDS DI KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Abstrak + Cover Watermark.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Penutup)
BAB VI Penutup (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Keluarga sebagai support system utama bagi anak dengan persoalan HIV/AIDS. Hal ini ini didasari oleh pandangan yang menempatkan keluarga sebagai institusi utama perlindungan dan pengasuhan anak. Keluarga yang memiliki anak dengan HIV/AIDS memiliki tantangan tersendiri dalam meberikann pengasuhan dan perawatan terhadap anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran praktik sosial pengasuhan anak terinfeksi HIv/AIDS serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memampukan (enabling) dan yang menghambat (constraining) dalam pengasuhan anak. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan dipilih dengan menggunakan tekhnik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan tekhnik observasi, wawancara mendalam dan life story. Teori yang dipakai adalah strukturasi yang dipelopori oleh Anthony Giddens memfokuskan pada hubungan dualitas agen dan struktur. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk mempertahankan kualitas kesehatan anak orang tua melakukan beberapa hal dalam pengasuhan yaitu membatasi durasi beraktifitas anak, mengupayakan dukungan pengobatan tambahan dan memastikan pengasuhan utama dilakukan oleh orang tua tanpa melibatkan pihak lain termasuk kerabat dekat sekalipun. Terdapat kendala dalam pengasuhan yaitu kepatuhan konsumsi obat. Struktur yang memampukan (enabling) dalam pengasuhan anak terinfeksi HIV/AIDS antara lain persepsi terhadap nilai sosial anak, dukungan lembaga pelayanan kesehatan pemerintah, dan dukungan kelompok sebaya. Sementara faktor yang menghambat (constraining) adalah kekuatiran akan stigmatisasi. Analisis tindakan aktor dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa sekalipun ketakutan akan stigma menjadi faktor yang constraining, akan tetapi pada tingkat kesadaran diskursif hal ini justru bisa menjadi enabling terbukti dengann kemampuan keluarga menemukan cara-cara yang menurut mereka logis dalam upaya mempertahankan pengasuhan dan perawatan yang baik untuk anaknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.. Jendrius, M.Si
Uncontrolled Keywords: Anak dengan HIV/AIDS, Dukungan Keluarga, Pengasuhan Anak, Stigmatisasi, Anak yang Membutuhkan Perlindungan Khsusus.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 23 Jan 2020 11:14
Last Modified: 23 Jan 2020 11:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55255

Actions (login required)

View Item View Item