STRATEGI BERTAHAN HIDUP PEKERJA PANEN SAWIT DI PT.BPP (BAKRIE PASAMAN PLANTATIONS) KEC. KOTO BALINGKA KAB. PASAMAN BARAT

AKHILUL, HASAN (2019) STRATEGI BERTAHAN HIDUP PEKERJA PANEN SAWIT DI PT.BPP (BAKRIE PASAMAN PLANTATIONS) KEC. KOTO BALINGKA KAB. PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
COVER N ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB I watemark.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB IV watermark.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTARPUSTAKA watermark.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sektor perkebunan merupakan salah satu dari berbagai sektor industri yang menjadi sasaran penting pemerintah dalam proses pembangunan. Disini peneliti membahas sektor perkebunan kelapa sawit, khususnya para pekerja panen sawit yang ada di PT.BPP (Bakrie Pasaman Plantations). Perusahaan tersebut hampir setiap bulannya terlambat membayar upah atau gaji para pekerja panen sawit di PT.BPP tersebut, hal itu terjadi sampai saat sekarang, oleh sebab itu penelitian ini mengkaji strategi yang dilakukan oleh para pekerja panen sawit selama bekerja di PT.BPP. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana strategi para pekerja panen agar tetap bertahan di perusahaan, sedangkan gaji yang diberikan perusahaan sering terlambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk strategi yang dilakukan oleh para pekerja panen selama bekerja di PT.BPP (Bakrie Pasaman Plantations) Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Teori yang digunakan adalah Struktural Fungsional yang dipelopori oleh Talcott Parsons fokusnya pada adanya keseimbangan dan keteraturan dalam masyarakat. Penelitian ini menemukan bahwa strategi yang dilakukan oleh para pekerja panen sawit untuk tetap bertahan di PT.BPP ada enam yaitu : Mengikuti kegiatan arisan, yaitu : para pekerja melakukan kegiatan mengumpulkan uang sekali dalam satu bulan dan setelah uang terkumpul akan ada salah satu dari pekerja yang keluar sebagai pemenanng.Membuka usaha warung, yaitu : para pekerja panen menjadikan warung sebagai salah satu strategi untuk bertahan karena keberadaan warung ditempat mereka tinggal tidak banyak.Istri bekerja, yaitu : selain menjadi ibu rumah tangga para istri dari pekerja panen sawit juga ikut membantu di area perkebunan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.Kerja kontanan, yaitu : kerja kontanan hanya dilakukan oleh pekerja panen ketika hari minggu atau hari libur nasional, dan kerja kontanan ini akan langsung di gaji ketika pekerjaan sudah selesai.Peminjaman uang, yaitu : para pekerja panen sawit akan meminjam uang kepada perusahaan sebesar Rp.300.000,- atau kepada para tetangga ketika mereka membutuhkan.Menabung uang, yaitu : kegiatan menyimpan atau menyisihkan uang yang dilakukan oleh para pekerja panen untuk cadangan ketika terjadi hal-hal yang mendesak ataupun untuk menolong sesama pekerja yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Azwar M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi bertahan Pekerja Panen
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 17 Jan 2020 10:52
Last Modified: 17 Jan 2020 10:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55110

Actions (login required)

View Item View Item