RONGGENG PASAMAN GRUP GANTO PASAMAN DI NAGARI GANGGO HILIA, KECAMATAN BONJOL, KABUPATEN PASAMAN (DESKRIPSI, TRANSKRIPSI DAN TERJEMAHAN)

Dewiati, Dewiati (2019) RONGGENG PASAMAN GRUP GANTO PASAMAN DI NAGARI GANGGO HILIA, KECAMATAN BONJOL, KABUPATEN PASAMAN (DESKRIPSI, TRANSKRIPSI DAN TERJEMAHAN). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak owi)
cover dan abstrak watermark.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i owi)
BAB I watermark.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V owi)
BAB V watermark.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka owi)
DAFTAR PUSTAKA watermark.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img] Text (skripsi owi)
SKRIPSI Owi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena didasari pemikiran bahwa harus segera dilakukan pendokumentasian terhadap kesenian Ronggeng yang ada di Kecamatan Bonjol, karena pewarisnya hanya tinggal satu grup saja. Dan sangat dikhawatirkan sekali kesenian tradisi lisan ini akan hilang bersamaan dengan pewarisnya. Untuk itu upaya pelestarian kesenian Minangkabau, hal ini sangat penting dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah mendokumentasikan dan mendeskripsikan serta mentranskripsikan Ronggeng Pasaman pada grup Ganto Pasaman yang ada di kecamatan Bonjol, metode yang digunakan adalah kualitatif dalam bentuk dokumentasi dan transkripsi. Data diperoleh melalui wawancara dengan informan, observasi, dan pengamatan lansung saat pertunjukan. Selain itu data tambahan diperoleh dari buku dan hasil penelitian yag terkait dengan penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ronggeng grup Ganto Pasaman adalah sastra lisan Minangkabau yang dipertunjukan dengan cara menggabungkan keahlian berpantun dan menari dalam satu pertunjukan dan diiringi oleh musik, yang dimainkan oleh sepuluh orang. Ronggeng biasanya dipertunjukan dalam acara ulang tahun Kabupaten Pasaman, acara-acara pemberian gelar, acara perhelatan perkawinan dan lain-lain. Teks yang digunakan adalah pantun, jenis pantun yang dibawakan adalah pantun muda-mudi, isi pantun biasanya berkaitan dengan perasaan rindu, dendam, kesedihan, gurauan,pengajaran, norma-norma dan lain-lain. Kata Kunci: Ronggeng, Grup Ganto Pasaman, Pantun, Dokumentasi, Transkripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Eka Meigalia, S.Hum., M.Hum.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: s1 sastra minang
Date Deposited: 17 Jan 2020 11:46
Last Modified: 17 Jan 2020 11:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55066

Actions (login required)

View Item View Item