Fachrul, Rozi Gustian (2016) FIGURES OF SPEECH FOUND IN SONG LYRICS “21ST CENTURY BREAKDOWN” ALBUMOF GREEN DAY BAND. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Fulltext)
2100.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
Abstract
Dalam skripsi ini penulis membahas tipe-tipe majas (Figure of Speech) yang digunakan oleh band Green Day, salah satu band terkenal yang berasal dari Amerika. Data penelitian diambil dari lirik-lirik lagu dalam album 21st century Breakdown. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan makna majas yang terdapat dalam lirik lagu tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian yang dikemukakan oleh Sudaryanto (1993). Pada tahap pengumpulan data, penulis menggunakan metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap. Selain itu, juga diterapkan teknik catat. Untuk menganalisis data, dipakai metode padan pragmatik dan dihubungkan dengan teori yang dikemukakan oleh Perrine (1984). Pada penyajian hasil analisis data digunakan metode formal dan informal. Dari hasil analisis data, ditemukan tipe-tipe majas yang terdiri dari 5 buah metapora (35,71%), 6 buah simile (42,85%), 2 buah personifikasi (11,22 %), dan 2 buah hiperbola (11,22%) dalam lirik lagu Green Day pada album “21st Century Breakdown”. Majas yang ditemukan dalam lirik-lirik lagu tersbut, sebagian besar menggunakan simile. Hal ini disebabkan bentuk simile dalam lirik-lirik lagu tersebut mudah diidentifikasi. Adapun makna yang ditemukan dari data analisis mengarah kepada keadaan dan situasi di Amerika, yaitu bentuk keresahan rakyat Amerika pada abad 21. Kata kunci: majas, lirik, band Green Day, Perrine
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | mrs Rahmadeli rahmadeli |
Date Deposited: | 30 Apr 2016 03:06 |
Last Modified: | 30 Apr 2016 03:06 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/5506 |
Actions (login required)
View Item |