HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR DAN PANJANG BADAN LAHIR DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK USIA 24-59 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI LASI TAHUN 2019

Delvia, Nora (2020) HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR DAN PANJANG BADAN LAHIR DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK USIA 24-59 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI LASI TAHUN 2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
upload skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Stunting merupakan hasil jangka panjang kekurangan gizi pada anak dengan tinggi badan menurut umur ≤ -2 SD, yang akan berdampak terhadap pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental anak. Faktor yang dapat mengakibatkan seorang anak menjadi stunting yaitu berat badan lahir dan panjang badan lahir, namun hal ini dapat diatasi dengan perbaikan gizi dalam 1000 hari kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan berat badan lahir dan panjang badan lahir dengan kejadian stunting.Penelitian dilakukan di nagari Taruang-taruang dari bulan Agustus-Desember 2019. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak usia 24-59 bulan di nagari Taruang-taruang dengan jumlah sampel 78 yang diambil dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dengan observasi dan pengukuran TB/U. Analisa Hasil penelitian menunjukkan presentase stunting adalah sebesar 38,5%. Hasil analisis chi-square didapatkan nilai p antara kejadian stunting dan berat badan lahir (p=0,000) dan panjang badan lahir (p=0,001). Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan signifikan antara berat badan lahir dan panjang badan lahir dengan kejadian stunting pada anak usia 24-59 bulan. Saran penelitian agar melakukan pencegahan stunting yang difokuskandalam 1000 hari kehidupan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sri Banowo, S.Kp, MPH
Uncontrolled Keywords: Stunting,berat badan lahir, panjang badan lahir.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 16 Jan 2020 15:53
Last Modified: 16 Jan 2020 15:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55052

Actions (login required)

View Item View Item