PENGARUH LAMA FERMENTASI KEFIR PADA PEMBUATAN EDIBLE FILM WHEY TERHADAP DAYA SERAP UAP AIR, KETEBALAN, WAKTU KELARUTAN DAN WARNA

Siti, Mainar (2020) PENGARUH LAMA FERMENTASI KEFIR PADA PEMBUATAN EDIBLE FILM WHEY TERHADAP DAYA SERAP UAP AIR, KETEBALAN, WAKTU KELARUTAN DAN WARNA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I pendahuluan.pdf.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3. saran dan kesimpulan.pdf.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama fermentasi kefir pada pembuatan edible film whey terhadap daya serap uap air, ketebalan, waktu kelarutan dan warna. Penelitian ini menggunakan whey kefir sebanyak 3 900 ml. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri atas 4 perlakuan dan 5 ulangan sebagai kelompok. Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah lama waktu fermentasi kefir pada suhu ruang, yakni A (16 jam), B (24 jam), C (48 jam) dan D (72 jam). Peubah yang diukur adalah daya serap uap air, ketebalan, waktu kelarutan dan warna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama fermentasi kefir tidak memberikan pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap daya serap uap air, ketebalan, waktu kelarutan dan warna edible film whey. Hasil penelitian menunjukkan daya serap uap air edilbe film berkisar antara 47-53%. Ketebalan berkisar antara 0,118– 0,137 mm. Waktu kelarutan berkisar antara 8,05–9,36 menit dan warna yaitu 71,80-74,96. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa lama fermentasi kefir pada pembuatan edible film whey memberikan hasil yang terbaik pada perlakuan A (16 jam). Kata Kunci : lama fermentasi kefir, whey kefir, edible film.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Indri Juliyarsi, SP., MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 15 Jan 2020 15:19
Last Modified: 15 Jan 2020 15:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54906

Actions (login required)

View Item View Item