Dinamika Komunikasi Antara Kelompok Tokoh Adat dan Kelompok Pemuda (Studi Kasus Dalam Mengatasi Dampak Negatif Pementasan Orgen Tunggal di Kelurahan Pasir Kota Pariaman)

Geny, Leo Putri (2019) Dinamika Komunikasi Antara Kelompok Tokoh Adat dan Kelompok Pemuda (Studi Kasus Dalam Mengatasi Dampak Negatif Pementasan Orgen Tunggal di Kelurahan Pasir Kota Pariaman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)

Abstract

ABSTRAK DINAMIKA KOMUNIKASI ANTARA KELOMPOK TOKOH ADAT DAN KELOMPOK PEMUDA (Studi Kasus Dalam Mengatasi Dampak Negatif Pementasan Orgen Tunggal di Kelurahan Pasir Kota Pariaman) Oleh : Geny Leo Putri 1410861029 Pembimbing : Dr. Emeraldy Chatra, M.I. Kom Dr. Sarmiati, M.Si Pementasan orgen tunggal adalah salah satu bentuk hiburan yang diadakan oleh masyarakat di Kelurahan Pasir Kota Pariaman. Pementasan orgen tunggal diadakan pada saat acara pesta perkawinan, acara pemuda dan acara keramaian lainnya. Pementasan orgen tunggal tersebut membuat keresahan di masyarakat sehingga menimbulkan dampak negatif kepada masyarakat sekitar. Kasus pementasan orgen tunggal tentu membuat elemen yang berperan penting dalam masyarakat, seperti kelompok adat dan kelompok pemuda tidak tinggal diam untuk menangani kasus orgen tunggal tersebut. Dalam menyelesaikan kasus orgen tunggal terdapat dinamika komunikasi antara kelompok adat dan kelompok pemuda sehingga kasus tersebut belum menemukan solusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika komunikasi antara kelompok adat dan kelompok pemuda dalam mengatasi dampak negatif dari pementasan orgen tunggal. Penelitian ini menggunakan konsep dari Chatra dan Tatang untuk menganalisa dinamika komunikasi antara kelompok adat dan kelompok pemuda dan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta teori strukturasi komunikasi kelompok untuk menganalisa dinamika komunikasi kelompok yang terjadi selama mengatasi dampak negatif dari orgen tunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan diambil dengan cara purposive sampling.Hasil penelitian ini diketahui banyak aktivitas negatif yang terjadi pada saat pementasan orgen tunggal berlangsung seperti mabuk-mabukan dan pementasan orgen tunggal hingga dini hari. Serta ditemukannya dinamika komunikasi tinggi, sedang, rendah pada saat komunikasi kelompok tokoh adat dan kelompok pemuda dalam menyelesaikan kasus pementasan orgen tunggal. Di samping itu juga ditemukan upaya yang dilakukan kelompok adat dalam mengatasi dampak negatif akibat dari pementasan orgen tunggal. Penelitian ini nantinya akan mendapatkan solusi dan penyelesaian sehingga diperlukan pihak ketiga untuk menjadi penengah dalam kasus pementasan orgen tunggal tersebut. Kata Kunci: Kasus orgen tunggal, Dinamika Komunikasi, Komunikasi Kelompok

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I. Kom
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 15 Jan 2020 10:59
Last Modified: 15 Jan 2020 10:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54876

Actions (login required)

View Item View Item